Nisa Aulia Rahmi, 2413142 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think - Pair - Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTs PPTQ Mu’allimin Muhammadiyah Pakan Sinayan. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover-nisa-aulia-rahmi-2413.142-.pdf Download (24kB) |
|
|
Text
abstrak nisa-aulia-rahmi-2413.142-.pdf Download (26kB) |
|
|
Text
fulltext nisa-aulia-rahmi-2413.142-.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di kelas VIII MTs PPTQ Mu’allimin Muhammadiyah. Berdasarkan observasi dan wawancara yang telah dilakukan, yaitu siswa masih kesulitan dalam memahami konsep atau ide matematika secara jelas dan benar, baik dalam menjawab pertanyaan guru ataupun dalam menuliskan konsep-konsep matematika. Dilihat dari persentase ketuntasan soal pemahaman konsep UH 1 juga masih rendah yakni berada antara 29,17% sampai 37,5%. Salah satu alternatif pembelajaran yang diduga dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs PPTQ Mu’allimin Muhammadiyah Pakan Sinayan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs PPTQ Mu’allimin Muhammadiyah Pakan Sinayan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs PPTQ Mu’allimin Muhammadiyah Pakan Sinayan”. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design : Randomized Control Group Only design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs PPTQ Mu’allimin Muhammadiyah Pakan Sinayan. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji homogenitas serta uji kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dari tes pemahaman konsep matematika siswa (tes akhir). Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika pada taraf nyata?=0,05dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 2,00 dan ttabel = 1.67. Karena thitung > ttabel dan dengan menggunakan Minitab diperoleh Pvalue= 0.025 yang artinya Pvalue< ? sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs PPTQ Mu’allimin Muhammadiyah Pakan Sinayan.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Ilmu > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 29 Sep 2025 06:28 |
| Last Modified: | 29 Sep 2025 06:28 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/456 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

