Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Segi Gender Pada Kelas VIII SMP Swasta Banuhampu Kabupaten Agam Tahun Pelajaran 2017/2018

Ratimah, 2413051 (2018) Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Segi Gender Pada Kelas VIII SMP Swasta Banuhampu Kabupaten Agam Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover ratimah-2413.051-.pdf

Download (22kB)
[img] Text
abstrak ratimah-2413.051-.pdf

Download (223kB)
[img] Text
fulltext ratimah-2413.051-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh laki-laki dan perempuan yang diciptakan tuhan berbeda jenis kelaminnya, perbedaanya kelas biologis tersebut. Kadang-kadang juga berpengaruh terhadap statusnya dilingkungan social yang lebih dikenal dengan istilah gender. Siswa SMP Swasta Banuhampu Terdiri dari laki-laki dan perempuan, semuanya belajar matematika dengan guru yang sama. Berdasarkan observasi awal Nampak dalam proses belajar siswa laki-laki lebih aktif sementara siswa perempuan lebih cermat dalam mengerjakan tugas. Berdasarkan hal tersebut diatas, ingin mengetahui gambaran hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Swasta Banuhampu yang ditinjau dari segi gender.Dari persentase ketuntasan hasil belajar matematika dari nilai UH 1 matematika di kelas VIII SMP Swasta banuhampu tahun pelajaran 2017/2018 terlihat bahwa hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika masih tergolong rendah. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa laki-laki lebih baik daripada hasil belajar matematika perempuan pada kelas VIII SMP Swasta Banuhampu tahun pelajaran 2017/2018. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Hasil belajar matematika siswa laki-laki lebih baik daripada hasil belajar matematika perempuan dikelas VIII SMP Swasta Banuhampu Tahun Pelajaran 2017/2018”. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan untuk meneliti hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan kuantitatif pada kelas VIII SMP Swasta Banuhampu tahun pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII. Pengambilan sampel dilakukan keseluruhan siswa kelas VIII denganterlebihdahuludilakukanujinormalitas, homogenitas, dan hipotesis pada data kelas populasi. sampel dalam penelitian adalah seluruh kelas VIII, data penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa diperoleh dari ujian akhir semester (UAS). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil belajar matematika siswa laki-laki mempunyai KKM sebanyak 39,394% sementara siswi perempuan mempunyai KKM sebanyak 25%. Sedangkan analisis data dengan mengunakan uji-t, thitung = 1,748dan ttabel =1,67. Karena thitung>ttabel berarti H0 ditolak pada taraf nyata ? = 0.05, serta dengan menggunakan Minitab diperoleh Pvalue= 0,043 yang artinya Pvalue< ? dengan ? = 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa “Hasil belajar Matematika siswa laki-laki lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa perempuan pada kelas VIII SMP Swasta Banuhampu Tahun Pelajaran 2017/2018. Ratimah/ 2413.051/ 2018/ Jurusan Pendidikan Matematika/ Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan: “Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Segi Gender Pada Kelas VIII SMP Swasta Banuhampu Tahun Pelajaran 2017/2018”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh laki-laki dan perempuan yang diciptakan tuhan berbeda jenis kelaminnya, perbedaanya kelas biologis tersebut. Kadang-kadang juga berpengaruh terhadap statusnya dilingkungan social yang lebih dikenal dengan istilah gender. Siswa SMP Swasta Banuhampu Terdiri dari laki-laki dan perempuan, semuanya belajar matematika dengan guru yang sama. Berdasarkan observasi awal Nampak dalam proses belajar siswa laki-laki lebih aktif sementara siswa perempuan lebih cermat dalam mengerjakan tugas. Berdasarkan hal tersebut diatas, ingin mengetahui gambaran hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Swasta Banuhampu yang ditinjau dari segi gender.Dari persentase ketuntasan hasil belajar matematika dari nilai UH 1 matematika di kelas VIII SMP Swasta banuhampu tahun pelajaran 2017/2018 terlihat bahwa hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika masih tergolong rendah. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa laki-laki lebih baik daripada hasil belajar matematika perempuan pada kelas VIII SMP Swasta Banuhampu tahun pelajaran 2017/2018. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Hasil belajar matematika siswa laki-laki lebih baik daripada hasil belajar matematika perempuan dikelas VIII SMP Swasta Banuhampu Tahun Pelajaran 2017/2018”. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan untuk meneliti hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan kuantitatif pada kelas VIII SMP Swasta Banuhampu tahun pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII. Pengambilan sampel dilakukan keseluruhan siswa kelas VIII denganterlebihdahuludilakukanujinormalitas, homogenitas, dan hipotesis pada data kelas populasi. sampel dalam penelitian adalah seluruh kelas VIII, data penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa diperoleh dari ujian akhir semester (UAS). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil belajar matematika siswa laki-laki mempunyai KKM sebanyak 39,394% sementara siswi perempuan mempunyai KKM sebanyak 25%. Sedangkan analisis data dengan mengunakan uji-t, thitung = 1,748dan ttabel =1,67. Karena thitung>ttabel berarti H0 ditolak pada taraf nyata ? = 0.05, serta dengan menggunakan Minitab diperoleh Pvalue= 0,043 yang artinya Pvalue< ? dengan ? = 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa “Hasil belajar Matematika siswa laki-laki lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa perempuan pada kelas VIII SMP Swasta Banuhampu Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: H Ilmu Sosial > HQ The family. Marriage. Woman
L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Ilmu > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 29 Sep 2025 06:28
Last Modified: 29 Sep 2025 06:28
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/457

Actions (login required)

View Item View Item