Rezki Yulia Sari, 2413081 (2018) Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dengan Menggunakan Stategi Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Pada Kelas X IPS SMA Negeri 2 Tilatang Kamang Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover rezki-yulia-sari.pdf Download (17kB) |
|
|
Text
abstrak rezki-yulia-sari.pdf Download (8kB) |
|
|
Text
fulltext rezki-yulia-sari.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi dan wawancara di Kelas X IPS SMA Negeri 2 Tilatang Kamang berdasarkan observasi dan wawancara yang telah dilakukan yaitu proses pembelajaran masih kurang aktif dan rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Salah satu upaya yang diduga dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dalam pembelajaran matematika. Rumusan masalah pada penelitian ini apakah kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) lebih baik dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada kelas X IPS SMA Negeri 2 Tilatang Kamang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) lebih baik dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada kelas X IPS SMA Negeri 2 Tilatang Kamang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Think-TalkWrite (TTW) lebih baik dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada kelas X IPS SMA Negeri 2 Tilatang Kamang”. Jenis penelitian ini adalah praeksperimen dengan rancangan penelitianThe Static Group Comparison Only Design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Tilatang Kamang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan ujinormalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata pada data populasi.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan berpikir kreatif matematika siswa ( tes akhir ). Berdasarkan hasil analisis tes akhir dihitung menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 2,114 dan ttabel = 1,68,. Jadi dapat disimpulkan bahwa “Kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran Think-Talk-Write lebih baik dari pada kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional di kelas X SMA N 2 Tilatang Kamang
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Ilmu > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 29 Sep 2025 06:29 |
| Last Modified: | 29 Sep 2025 06:29 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/460 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

