Pengaruh Strategi Berhitung Temuan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD N 37 Payakumbuh Pada Materi Operasi Bilangan Bulat Tahun Pelajaran 2017/2018

Gusti Randi NS, 2413071 (2018) Pengaruh Strategi Berhitung Temuan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD N 37 Payakumbuh Pada Materi Operasi Bilangan Bulat Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover randi.pdf

Download (15kB)
[img] Text
abstrak randi.pdf

Download (15kB)
[img] Text
fulltext randi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kenyataan disaat peneliti melakukan observasi di kelas II SD N Payakumbuh, kebanyakan kendala yang dihadapi dalam pembelajaran matematika disebabkan oleh pembelajaran yang masih terlihat monoton. Kebanyakan siswa malas untuk mengulang materi pelajaran yang telah diterangkan. Hasil belajar matematika siswa yang masih rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh signifikan positif strategi hitung temuan terhadap hasil belajar siswa kelas II di SD Negeri 37 Payakumbuh?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan positif strategi hitung temuan terhadap hasil belajar siswa kelas II di SD Negeri 37 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Populasi adalah seluruh individu yang dimaksudkan untuk diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD N 37 Payakumbuh tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Dan kelas II.A terpilih sebagai kelas sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar. Dalam penelitian ini untuk pengujian data hasil belajar dilakukan uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dan sebaran data berdistribusi normal. Selanjutnya diperoleh hasil rata-rata nilai pretest adalah 68,33 sedangkan rata-rata nilai posttest adalah 75,73. Hasil tersebut menunjukan 75,73 > 68,33. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa harga t0 > ttabel pada taraf nyata =0,05yaitu 10.83 > 1,72 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan positif dalam penggunaan pembelajaran dengan strategi hitung temuan terhadap hasil belajar matematika siswa dikelas II SD N 37 Payakumbuh

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1501 Pendidikan dasar
Q Ilmu > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 29 Sep 2025 06:29
Last Modified: 29 Sep 2025 06:29
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/462

Actions (login required)

View Item View Item