Mira Indriani, 2413047 (2018) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Di Kelas VII MTs N Kamang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover mira-indriani-2413.047-.pdf Download (20kB) |
|
|
Text
abstrak mira-indriani-2413.047-.pdf Download (213kB) |
|
|
Text
5f729-mira-indriani-2413.047-.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di kelas VII MTsN Kamang tahun pelajaran 2017/2018. Berdasarkan observasi peneliti masuk lokal peserta didik banyak yang masih kurang dalam kemampuan masalah matematika. Sewaktu melakukan wawancara dengan peserta didik , mereka menjelaskan pembelajaran matematika merupakan yang kurang disukai, karena memecahkan permasalahan matematika adalah hal yang membosankan , hal tersebut tidak jauh berbeda dari wawancara dengan guru mata pelajaran matematika bahwa peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang berbentuk permasalahan matematika,dan dari nilai ulangan harian 1 peserta didik dapat disimpulkan bahwa banyak peserta didik yang sangat kurang dalam kemampuan masalah matematika. Untuk mengatasi kemampuan permasalahan matematis tersebut peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan penerapan Pendidikan Matematika Realistik dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Apakah kemampuan pemecahan masalah matematika yang mengikuti penerapan pendidikan matematika realistik lebih baik daripada siswa yang mengikuti Pembelajaran Konvensional di kelas VII MTsN Kamang tahun pelajaran 2017/2018” . Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs N Kamang di tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematika ( tes akhir ). Dari hasil analisis tes akhir dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata ? = 0.05, diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 6,33 > 1.68 dan diperkuat dengan menggunakan Software Minitab dengan P-value < 0,05, yaitu 0,020 < 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti Pendidikan Matematika Realistik lebih baik daripada siswa yang mengikuti Pembelajaran Konvensional di kelas VII MTs N Kamang Tahun Pelajaran 2017/2018.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Ilmu > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 29 Sep 2025 06:29 |
| Last Modified: | 29 Sep 2025 06:29 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/466 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

