Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Berorientasi Gaya Kognitif dan Budaya (PMGB) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Fase E SMA N 1 Banuhampu Tahun Pelajaran 2023/2024

Ohtovia Shanita, 2418050 (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Berorientasi Gaya Kognitif dan Budaya (PMGB) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Fase E SMA N 1 Banuhampu Tahun Pelajaran 2023/2024. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
OHTOVIA SHANITA 2418050 cover.pdf

Download (29kB)
[img] Text
OHTOVIA SHANITA 2418050 abstrak.pdf

Download (333kB)
[img] Text
OHTOVIA SHANITA 2418050 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena permasalahan yang ditemukan di Fase E SMA N 1 Banuhampu bahwa rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan penilaian dari sumatif tengah semester (STS). Berdasarkan persentase nilai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan penilaian sumatif tengah semester, siswa dengan kategori rendah memiliki persentase sebesar 72%. Ini menunjukkan bahwa masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Salah satu alternatif pembelajaran yang diduga dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Matematika Berorientasi Gaya kognitif dan Budaya (PMGB). Rumusan masalah dalam penelitianini adalah apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Berorientasi Gaya kognitif dan Budaya (PMGB) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Fase E SMA N 1 Banuhampu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa menggunakan Model Pembelajaran Matematika Berorientasi Gaya kognitif dan Budaya (PMGB) lebih baik dari pada pembelajaran konvensional siswa Fase E SMA N 1 Banuhampu. Jenis penelitian ini adalah dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Fase E SMA N 1 Banuhampu. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa E.6 sebagai kelas eksperimen dan siswa E.4 sebagai kelas kontrol. Data kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperoleh dari tes akhir (post-test). Berdasarkan analisis data kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menggunakan uji-t dan Sofware Minitab taraf nyata α = 0,05, diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 3,12 > 1,66 dan P-value = 0,001.Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga H1 diterima yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Matematika Berorientasi Gaya kognitif dan Budaya (PMGB lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di Fase E SMA N 1 Banuhampu. Dikarenakan H0 ditolak dan H1 diterima dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Berorientasi Gaya kognitif dan Budaya (PMGB) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Fase E SMA N 1 Banuhampu.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Model pembelajaran matematika gaya kognitif dan budaya
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 13 Oct 2025 07:38
Last Modified: 13 Oct 2025 07:38
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/491

Actions (login required)

View Item View Item