Khairunnas Suhady, 2121055 (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Silent Demonstration terhadap Hasil Belajar Ilmu Tajwid Al-Quran Siswa di Pesantren Tahfizul Quran Mardhatillah. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
Khairunnas Suhady 2121055 cover.pdf Download (341kB) |
|
|
Text
Khairunnas Suhady 2121055 abstrak.pdf Download (529kB) |
|
|
Text
Khairunnas Suhady 2121055 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran adalah upaya sadar pendidik untuk mengarahkan interaksi peserta didik dengan sumber belajar guna mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan adalah melalui pendidikan Ilmu Tajwid Al-Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena di era modern, di mana kecanduan gadget menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar Ilmu Tajwid yang kurang optimal. Selain itu, dalam proses pembelajaran, terutama pada materi ikhfa dan idgham, santri seringkali mengalami kesulitan dalam mempraktikkan bacaan yang sesuai dengan hukum tajwid, dan hasil belajarnya belum cukup baik. Pendekatan pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah juga menjadi salah satu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Silent Demonstration terhadap hasil belajar Ilmu Tajwid Al-Qur’an siswa di Pesantren Tahfizul Qur’an Mardhatillah Pasia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimental (pre-test dan post-test). Sampel penelitian adalah siswa kelas 2 tingkat SMP yang berjumlah 11 santri. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar (pre-test dan post-test) dan angket yang menilai penerapan model Silent Demonstration. Analisis data menggunakan uji statistik non-parametrik Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 3,36 poin (21,2%). Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05, yaitu 0,003 untuk tes dan 0,005 untuk angket, sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian, model pembelajaran Silent Demonstration terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Tajwid Al-Qur’an siswa.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Pembelajaran, Hasil Belajar, Ilmu Tajwid Al-Qur’an, Model Pembelajaran Silent Demonstration |
| Subjects: | L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP1-253 Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
| Date Deposited: | 13 Oct 2025 08:34 |
| Last Modified: | 13 Oct 2025 08:34 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/493 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

