Rizka Maysara, 2414073 (2018) Penerapan Strategi Writing In Performance Tasks (WiPT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di Kelas VII MTs N 3 Agam Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
COVER rizka-maysara.pdf Download (36kB) |
|
|
Text
ABSTRAK rizka-maysara.pdf Download (16kB) |
|
|
Text
9047d-rizka-maysara.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di Kelas VII MTs N 3 Agam berdasarkan observasi dan wawancara yang telah dilakukan yaitu siswa masih kesulitan dalam mengkomunikasikan ide matematika secara jelas dan benar kepada teman dan guru, baik dalam menjawab pertanyaan guru ataupun dalam menuliskan ide-ide matematika. Selain itu, persentase skor kemampuan komunikasi matematis siswa tergolong kurang yang diindikasikan rata-rata yaitu 42,92% dalam hal ini dilihat dari UH I siswa kelas VII MTs N 3 Agam Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan strategi Writing in Performance Tasks dalam pembelajaran matematika. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Writing in Performance Tasks lebih baik daripada siswa yang mengikuti Pembelajaran Konvensional di kelas VII di MTs N 3 Agam Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Writing in Performance Tasks apakah lebih baik daripada siswa yang mengikuti Pembelajaran Konvensional di kelas VII di MTs N 3 Agam Tahun Pelajaran 2017/2018. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Writing in Performance Tasks lebih baik daripada siswa yang mengikuti Pembelajaran Konvensional di kelas VII di MTs N 3 Agam Tahun Pelajaran 2017/2018”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTs N 3 Agam Tahun Pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII1 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan komunikasi matematis siswa ( tes akhir ). Dari hasil analisis tes akhir dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata ? = 0.05, diperoleh harga thitung > ttabel yaitu2.1653> 1.68 dan dibandingkan dengan Software SPSS dengan Sig < 0,05, yaitu 0.035 < 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Writing in Performance Tasks lebih baik daripada siswa yang mengikuti Pembelajaran Konvensional di kelas VII MTs N 3 Agam Tahun Pelajaran 2017/2018
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan Q Ilmu > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 02:20 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 02:20 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/502 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

