Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Drill Kelas VII Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Tahun Pelajaran 2017/2018

Hardina Afrilian, 2413043 (2018) Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Drill Kelas VII Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover hardina-aprilian.pdf

Download (19kB)
[img] Text
abstrak hardina-aprilian.pdf

Download (8kB)
[img] Text
7b0a5-hardina-aprilian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan yaitu masih rendahnya nilai siswa dalam pembelajaran matematika sehingga untuk menyelesaikan soal-soal matematika yang bervariasi siswa kurang mampu dalam menyelesaikannya, kebanyakan siswa menghafal apa yang pernah dia coba sebelumnya tanpa memahami bagaimana cara dan proses untuk menyelesaikan suatu persoalan. Selain itu, hasil belajar siswa masih banyak berada dibawah KKM yaitu 70 dalam hal ini dilihat dari hasil UTS semester satu siswa kelas VII Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan metode drill dalam pembelajaran matematika. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah hasil belajar matematika siswa materi bentuk aljabar lebih baik dari pada hasil belajar matematika dengan pembelajaran konvensional dikelas VII Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan penerapan metode drill lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran secara konvensional dikelas VII Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Tahun Pelajaran 2017/2018. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “hasil matematika siswa dengan penerapan metode drill lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional dikelas VII Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Tahun Pelajaran 2017/2018”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di Pondok Pesantren Sumatra Thawalib Parabek tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.6. sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.7 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar matematika siswa( tes akhir ). Dari hasil analisis tes akhir dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata ? = 0.05, diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 1,71 > 1,68 dan dibandingkan dengan Software Minitab dengan P-value < 0,05, yaitu 0.047 < 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menerapkan metode drill lebih baik daripada siswa yang mengikuti Pembelajaran Konvensional di kelas VII Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Ilmu > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 16 Oct 2025 02:20
Last Modified: 16 Oct 2025 02:20
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/503

Actions (login required)

View Item View Item