Pengaruh Pemberian Kuis Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Strategi Ekspositori Kelas VIII MTsN Kepala Hilalang Tahun Pelajaran 2017/ 2018

Kartika Yuliani, 2413102 (2018) Pengaruh Pemberian Kuis Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Strategi Ekspositori Kelas VIII MTsN Kepala Hilalang Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover kartika-yulianti.pdf

Download (16kB)
[img] Text
abstrak kartika-yulianti.pdf

Download (20kB)
[img] Text
1b7ab-kartika-yulianti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sekolah telah mneggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori, namun tidak semua langkah yang dilaksanakan yaitu pemberian kuis. Hasil belajar siswa masih rendah karena banyak siswa yang nilainya dibawah KKM yaitu 70. Hal ini dapat dilihat dari ujian semester siswa kelas VIII MTsN Kepala Hilalang tahun pelajaran 2017/2018. Maka salah satu upaya yang diperkirakan dapat mengatasi masalah tersebut adalah pemberian kuis pada Strategi Pembelajaran Ekspositori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi siswa setelah mengikuti Strategi Pembelajaran Ekspositori dan untuk mengetahui pengaruh positif pemberian Kuis Strategi terhadap hasil belajar matematika siswa pada Pemelajaran Ekspositori kelas VIII MTsN Kepala Hilalang tahun pelajaran 2017/2018. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif pemberian kuis terhadap hasil belajar matematika siswa pada Strategi pembelajaran ekapositori kelas VIII MTsN Kepala Hilalang tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra eksperimen dengan rancangan one-group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Kepala Hilalang tahun pelajaran 2017/2018.Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata pada data populasi.Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen.Data penelitian hasil belajar matematika siswa ini diperoleh dari angket motivasi siswa dan tes akhir. Berdasarkan hasil analisis motivasi belajar matematika siswa diperoleh 63% siswa dengan kriteria sangat termotivasi dan 37% siswa dengan kriteria termotivasi. Dan hasil analisis hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 12,798 dan ttabel = 1,70, maka thitung>ttabel, sehingga tolak H0 dan terima H1. Dengan arti kata “Terdapat Pengaruh Positif Pemberian Kuis Terhadap Hasil Balajar Matematika Siswa pada Strategi Pembelajaran Ekspositori Kelas VIII MTsN Kepala Hilalang Tahun Pelajaran 2017/2018”

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
Q Ilmu > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 16 Oct 2025 02:20
Last Modified: 16 Oct 2025 02:21
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/504

Actions (login required)

View Item View Item