Latifah Najmi, 2413103 (2018) Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) di Kelas VIII MTsN 6 AGAM. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover latifah-najmi.pdf Download (14kB) |
|
|
Text
abstrak latifah-najmi.pdf Download (16kB) |
|
|
Text
391f0-latifah-najmi.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang peneliti lakukan di kelasVIII MTs. N 6 Agam pada tanggal 14 juli 2017, terlihat proses pembelajaran yang terjadi dikelas hanya terpusat pada guru. Sehingga membuat siswa kurang optimal dalam pembelajaran. Nilai siswa kelas VIII tidak mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan suatu penelitian hasil belajar siswa dengan Strategi Thiking Aloud Pair Problem Solving(TAPPS) di kelas VIII MTs.N 6 Agam. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran Strategi Thiking Aloud Pair Problem Solving(TAPPS) lebih baik daripada hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran Ekspositori pada mata pelajaran matematika kelas VIII MTs.N 6 Agam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik yang mengikuti Strategi Thiking Aloud Pair Problem Solving(TAPPS) lebih baik daripada hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran Ekspositori pada mata pelajaran matematika kelas VIII MTs.N 6 Agam. Hipotesis penelitian adalah hasil belajar peserta didik yang mengikuti Strategi Thiking Aloud Pair Problem Solving(TAPPS) lebih baik daripada hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran Ekspositori pada mata pelajaran matematika kelas VIII MTs.N 6 Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen, dengan rancangan the statistic group comparison design untuk melihat hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs.N 6 Agam yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampelnya dilakukan secara acak. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitiannya yaitu tes essay sebanyak 3 buah soal matematika. Berdasarkan hasil analisis tes akhir dihitung menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 2.62 dan ttabel = 1.66, menggunakan Software Minitab diperoleh P-value = 0.005 karena thitung > ttabel dan P-value < ? berarti H0 ditolak pada taraf nyata ? = 0.05. Jadi dapat disimpulkan bahwa “Hasil belajar matematika siswa dengan Strategi Thiking Aloud Pair Problem Solving(TAPPS) lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran ekspositori di kelas VIII MTs.N 6 Agam”.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Ilmu > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 02:21 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 02:21 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/506 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

