Sutriyani, 2414080 (2018) Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Times Achievement Divisions (STAD) Dikelas X SMAN 1 IV Koto Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover sutriyani.pdf Download (94kB) |
|
|
Text
abstrak sutriyani.pdf Download (406kB) |
|
|
Text
a7378-sutriyani.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru, interaksi antar guru dan siswa bersifat satu arah, sehingga aktivitas siswa dalam belajar matematika menjadi rendah, kurangnya interaksi dan kerjasama antar siswa dalam proses pembelajaran dikelas, guru kurang memberikan reword kepada siswa yang memiliki perkembangan belajarnya bagus, serta masih banyak hasil belajar matematika siswa yang rendah yaitu sebesar (55,7%). Hal ini dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 IV Koto tahun pelajaran 2017/2018 masih dibawah KKM (KKM≥ 73). Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu alternatif yang dapat ditawarkan dalam pembelajaran matematika siswa adalah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD). Rumusan masalah pada penelitian ini “apakah hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) lebih baik dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada kelas X SMAN 1 IV Koto tahun pelajaran 2017/2018?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) lebih baik dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada kelas X SMAN 1 IV Koto tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 IV Koto tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X4 sebagai kelas kontrol. Data penelitian hasil belajar matematika siswa diperoleh dari tes akhir . Berdasarkan hasil analisis tes akhir dihitung dengan menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung = 1,8032 dan ttabel = 1,68. Karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak pada taraf nyata α = 0,05. Serta dengan menggunakan spss 16 diperoleh signifikan = 0,038 yang artinya signifikan ≤ α dengan α = 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) lebih baik dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada kelas X SMAN 1 IV Koto tahun pelajaran 2017/2018.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan Q Ilmu > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 02:22 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 02:22 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/511 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

