Pemahaman Konsep Matematika Dengan Metode Discovery Di Kelas VII SMP N 1 Candung

Dilla Desvi Yolanda, 2413037 (2018) Pemahaman Konsep Matematika Dengan Metode Discovery Di Kelas VII SMP N 1 Candung. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover skripsi dilla-pdf.pdf

Download (156kB)
[img] Text
abstrak skripsi-dilla pdf.pdf

Download (253kB)
[img] Text
53ae3-skripsi- dilla pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa terhadap materi yang diberikan dalam pembelajaran matematika serta hasil pemahaman konsep yang masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan soal pemahaman konsep matematika Ujian Tengah Semester 1 siswa kelas VII SMP N 1 Candung. Berdasarkan observasi pada tanggal 22 Agustus 2017, peneliti juga mengamati bahwa proses pembelajaran lebih terpusat kepada guru. Untuk itu dilakukan penelitian dengan menerapkan metode pembelajaran Discovery (Penemuan) dalam pembelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode discovery lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VII SMP N 1 Candung. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode discovery akan lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VII SMP N 1 Candung. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan yaitu Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Candung. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas serta uji kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 5 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII 2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa (tes akhir). Berdasarkan analisis tes akhir dihitung dengan menggunakan uji-t, dengan hasil thitung = 3,25 dan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak pada taraf nyata ? = 0,05, berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tolak H0 dan terima H1. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode discovery lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VII SMP N 1 Candung.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Ilmu > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 16 Oct 2025 03:12
Last Modified: 16 Oct 2025 03:12
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item View Item