Ratna Vatdillah, 2413080 (2018) Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Melalui Strategi Reciprocal Teaching pada Kelas VIII SMPN 2 Kamang Magek Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover ratna-vatdillah-2413.080-.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
abstrak skripsi-ratna-vatdillah-2413.080-.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
42ebf-skripsi-ratna-vatdillah-2413.080-.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di Kelas VIII SMPN 2 Kamang Magek berdasarkan observasi yang telah dilakukan yaitu kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika, masih rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dan masih rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu upaya yang diduga dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan melalui strategi Reciprocal Teaching dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang mengikuti strategi Reciprocal Teaching lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMPN 2 Kamang Magek. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang mengikuti strategi Reciprocal Teaching lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMPN 2 Kamang Magek”. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Kamang Magek. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan ratarata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan berpikir kreatif matematika siswa ( tes akhir ). Dari hasil analisis tes akhir dengan menggunakan uji-t, dengan hasil thitung =2,1137ttabel = 1,70. Karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak pada taraf nyata ? = 0,05, serta dengan menggunakan Software Minitab diperoleh Pvalue = 0,021 yang artinya Pvalue < ? dengan ? = 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tolak H0 dan terima H1. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang mengikuti strategi Reciprocal Teaching lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMPN 2 Kamang Magek.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Ilmu > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 08:56 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 08:56 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/534 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

