Yunita Sari, 2413093 (2018) Metode Drill Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas VIII SMP N 4 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover yunita-sari.pdf Download (16kB) |
|
|
Text
abstrak yunita-sari.pdf Download (42kB) |
|
|
Text
12a94-yunita-sari.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi dan wawancara. Peneliti mengamati bahwa kurangnya pemberian latihan kepada siswa sehingga untuk menyelesaikan soal-soal matematika yang bervariasi siswa kurang mampu dalam menyelesaikannya, kebanyakan siswa menghafal apa yang pernah dia coba sebelumnya tanpa memahami bagaimana cara dan proses untuk menyelesaikan suatu persoalan. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan nilai ujian semester I siswa yang berada dibawah KKM (73) yaitu 66,24% di kelas VIII SMP N 4 Payakumbuh tahun pelajaran 2017/2018. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mencoba melakukan penelitian dengan menggunakan metode Drill dalam pembelajaran matematika.Rumusan masalah pada penelitian ini apakah hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode Drill lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada kelas VIII di SMP N 4 Payakumbuh tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode Drill lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada kelas VIII di SMP N 4 Payakumbuh tahun pelajaran 2017/2018. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode Drill lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada kelas VIII di SMP N 4 Payakumbuh tahun pelajaran 2017/2018”. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 4 Payakumbuh tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih siswa kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari soal tes akhir hasil belajar matematika. Dari hasil analisis tes akhir dengan menggunakan uji t diperoleh hasilt =2,61dant mendekati1,67pada taraf nyata ?=0,05. Karenat >t berartiH ditolak pada taraf nyata ?=0,05. Selain itu, denganmenggunakan Software Minitab diperolehP =0,006yang artinyaP ??dengan ?=0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswayang mengi kuti pembelajaran dengan metode Drill lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada kelas VIII di SMP N 4 Payakumbuh tahun pelajaran 2017/2018.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Ilmu > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 08:56 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 08:56 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/536 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

