Sri Handayani, 2414078 (2018) Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dengan Penerapan Strategi Problem Based Learning di Kelas VII SMP N I IV Koto Tahun Pelajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover skripsi-sri-handayani-2414.078-.pdf Download (212kB) |
|
|
Text
abstrak pdf-skripsi-sri-handayani-2414.078-.pdf Download (468kB) |
|
|
Text
035ed-pdf-skripsi-sri-handayani-2414.078-.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di kelas VII SMP N 1 IV Koto. Berdasarkan observasi dan wawancara yang telah dilakukan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII SMP N 1 IV Koto rendah, dalam hal ini dilihat dari ketuntasan soal berpikir kritis matematis siswa kelas VII SMP N 1 IV Koto. Siswa mendapatkan nilai rata-rata di bawah kriteria yaitu 62,25%. Salah satu upaya yang diduga dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan strategi Problem Based Learning. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah kemampuan berfikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan strategi Problem Based Learning lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VII SMP N 1 IV Koto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan strategi Problem Based Learning apakah lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VII SMP N I IV Koto tahun pelajaran 2018/2019. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti strategi Problem Based Learning lebih baik daripada yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VII SMP N 1 IV Koto tahun pelajaran 2018/2019”. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N I IV Koto. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji homogenitas serta uji kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa (tes akhir). Berdasarkan analisis tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada taraf nyata ???? = 0,05 dengan menggunakan uji-t , diperoleh ???????????????????????????? = 4,35 dan ???????????????????????? = 1,67 dimana ???????????????????????????? > ???????????????????????? . Sedangkan dengan menggunakan software Minitab diperoleh ???????????????????????? = 0,001 yang artinya ???????????????????????? < ???? dengan taraf nyata ???? = 0,05, sehingga berdasarkan hasil tersebut tolak ????0 dan terima ????1 . Jadi dapat disimpulkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti strategi Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VII SMP N 1 IV Koto Tahun Pelajaran 2018/2019.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Ilmu > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 01:54 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 01:54 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/539 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

