Ariani Saputri, 2412013 (2018) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Mengikuti Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Pembelajaran Konvensional Di Kelas VIII SMP N 2 Kamang Magek TahunPelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover ariani-saputri.pdf Download (10kB) |
|
|
Text
abstrak ariani-saputri.pdf Download (16kB) |
|
|
Text
cf349-ariani-saputri.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih didomonasi oleh guru, keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran masih kurang, pada proses pembelajaran masih kurang keberanian siswa untuk mengerjakan soal di depan kelas. Rata-rata hasil belajar siswa masih banyak berada dibawah KKM yaitu 70 dalam hal ini dilihat dari ujian harian siswa di kelas VIII SMP N 2 Kamang Magek. Salah satu upaya yang digunakan dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Direct Instruction dalam pembelajaran matematika. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran Direct Instruction lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP N 2 Kamang Magek?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran Direct Instruction lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP N 2 Kamang Magek tahun pelajaran 2017/2018. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “ hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran Direct Instruction lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP N 2 Kamang Magek “. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP N 2 Kamang Magek. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan siswa kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII4 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar matematika siswa diperoleh dari tes hasil belajar. Data penelitian hasil belajar diperoleh dari tes akhir. Berdasarkan pengolahan data dari tes akhir diperoleh nilai rata-rata di kelas eksperimen setelah penerapan model pembelajaran Direct Instruction adalah 74,55. Sedangkan di kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata hasil belajarnya 62,65. Data hasil belajar siswa diolah dengan menggunakan uji-t, setelah dianalisis diperoleh thitung = 2,216 dan ttabel = 1,68. Karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak pada taraf nyata ? = 0,05, serta dengan menggunakan Software Minitab diperoleh Pvalue = 0,016 yang artinya Pvalue < 0,05. Dengan demikian maka H1 diterima dan Ho ditolak. Sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran Direct Instruction lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP N 2 Kamng Magek.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Ilmu > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 01:54 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 01:54 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/540 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

