Putri Renosari, 2414075 (2018) Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa Di Kelas VIII SMP N 2 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover skripsi-putri-renosari-2414075.pdf Download (33kB) |
|
|
Text
abstrak skripsi-putri-renosari-2414075.pdf Download (121kB) |
|
|
Text
f01f4-skripsi-putri-renosari-2414075.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya literasi matematika siswa, pembelajaran yang masih bersifat mekanistik yang didominasi oleh pengenalan rumus-rumus menyebabkan siswa kurang dapat merumuskan, menerapkan dan menafsirkan matematika dalam kehidupan sehari-hari di kelas VIII SMP N 2 Bukittinggi. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dalam pembelajaran matematika. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah literasi matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik lebih baik dari literasi matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP N 2 Bukittinggi, dan mendeskripsikan bagaimana literasi matematika siswa di kelas VIII3 SMP N 2 Bukittinggi. Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Bukittinggi. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes literasi matematika. Dari hasil analisis tes akhir dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata ? = 0.05, diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 4.55 > 1,67; dibandingkan dengan Software Minitab dengan P-value < 0,05, yaitu 0.001 < 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa literasi matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik lebih baik daripada literasi matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Siswa lebih memahami soal literasi dalam kehidupan sosial dengan persentase rata-rata 60%, dibandingkan konteks personal 40%. Soal kategori menerapkan (employ) merupakan perolehan tertinggi sebanyak 36% dibandingkan dengan merumuskan (formulate) sebanyak 35% dan menafsirkan (interpret) sebanyak 29%.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Ilmu > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 01:54 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 01:54 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/542 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

