Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Strategi Pemecahan Masalah Sistematis Pada Pelajaran Matematika Di Kelas VIII MTsN Balingka Tahun Pelajaran 2017/2018

Hidni Mulwati, 2413009 (2018) Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Strategi Pemecahan Masalah Sistematis Pada Pelajaran Matematika Di Kelas VIII MTsN Balingka Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover hidni-mulwati.pdf

Download (159kB)
[img] Text
abstrak hidni-mulwati.pdf

Download (242kB)
[img] Text
98c00-hidni-mulwati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi, aktivitas siswa dalam belajar. sehingga banyak hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai KKM yaitu 75. Hal ini dapat dilihat dari nilai ulangan harian II semester ganjil siswa kelas VIII MTsN Balingka tahun pelajaran 2017/2018. Salah satu upaya yang diperkirakan dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan strategi pemecahan masalah sistematis. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana aktivitas siswa dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan strategi pemecahan masalah sistematis dan apakah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan strategi pemecahan masalah sistematis lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsN Balingka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan strategi pemecahan masalah sistematis di kelas VIII MTsN Balingka. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan strategi pemecahan masalah sistematis lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsN Balingka”. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Balingka, sedangkan sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari lembar aktivitas siswa dan tes hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil aktivitas siswa diperoleh rata-rata 78,08%. Hal ini menyatakan bahwa aktivitas siswa kelas VIII.4 MTsN Balingka tergolong aktif. Dari analisis nilai tes akhir dengan menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung = 1,74 dan ttabel = 1,67 pada taraf ? = 0,05, karena thitung ttabel berarti H0 ditolak maka H1 diterima. Selain itu, dengan menggunakan Software Minitab diperoleh Pvalue = 0,043 yang artinya Pvalue ? dengan ? = 0,05. Jadi hasil belajar dengan menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan strategi pemecahan masalah sistematis lebih baik dari pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsN Balingka.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Ilmu > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 22 Oct 2025 01:55
Last Modified: 22 Oct 2025 01:55
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/543

Actions (login required)

View Item View Item