Muhammad Yusuf, 2413048 (2018) Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Misssouri Mathematics Project (MMP) Pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover skripsi-muhammad-yusuf-2413.048.pdf Download (39kB) |
|
|
Text
abstrak skripsi-muhammad-yusuf-2413.048.pdf Download (164kB) |
|
|
Text
657d1-skripsi-muhammad-yusuf-2413.048.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa terhadap masalah yang diberikan dalam pembelajaran matematika. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Bukittinggi pada Ujian Tengah semester (UTS) berada dibawah nilai (< 55). Hal ini diduga, disebabkan oleh pembelajaran yang masih bersifat konvensional, dimana proses pembelajaran didominasi oleh guru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 3 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2017/2018?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 3 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2017/2018. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 3 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2017/2018”. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Bukittinggi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian pemahaman konsep matematika siswa diperoleh dari nilai tes akhir. Berdasarkan analisis data diperoleh thitung = 1,7723 dan ttabel = 1,67 pada taraf nyata ? = 0,05. Karena 1,76 > 1,67 berarti H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa “pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 3 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2017/2018”.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Ilmu > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 01:56 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 01:56 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/546 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

