Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Metode Penemuan Terbimbing Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VIII SMPN 1 Bonjol Pasaman

Radika Putri, 2413111 (2018) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Metode Penemuan Terbimbing Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VIII SMPN 1 Bonjol Pasaman. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover radika-putri-nim-2413.111-.pdf

Download (13kB)
[img] Text
abstrak radika-putri-nim-2413.111-.pdf

Download (65kB)
[img] Text
bcc08-radika-putri-nim-2413.111-.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika yang masih terpusat pada guru, siswa merasa sulit dalam belajar matematika, siswa menganggap pelajaran matematika pelajaran yang sulit, hasil belajar matematika siswa masih banyak dibawah KKM yaitu 75, ini terlihat dari hasil Ujian Tengah Semester II. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) Dengan Metode Penemuan Terbimbing pada pembelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Metode Penemuan Terbimbing lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Bonjol Pasaman tahun pelajaran 2016/2017 ?. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Metode Penemuan Terbimbing lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Bonjol Pasaman tahun pelajaran 2016/2017. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Kooperatif (STAD) Dengan Metode Penemuan Terbimbing lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Bonjol Pasaman”. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Bonjol Pasaman tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu melakukan uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII 5 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar diperoleh dari hasil tes belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis tes akhir dihitung menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 2,322 dan ttabel = 1,68, menggunakan Software Minitab diperoleh P-value = 0,012 karena thitung > ttabel dan P-value < ? berarti H0 ditolak pada taraf nyata ? = 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa “Hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Metode Penemuan Terbimbing lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Bonjol Pasaman tahun pelajaran 2016/2017”.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Ilmu > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 23 Oct 2025 08:46
Last Modified: 23 Oct 2025 08:46
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/556

Actions (login required)

View Item View Item