Neli Kurnia Wati, 2413049 (2018) Hasil Belajar Matematika Melaui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individually (TAI) Dipadukan dengan Teknik Time Token pada Siswa Kelas IX SMPN 1 Tilatang Kamang Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
COVER neli-kurnia-wati-pdf-.pdf Download (104kB) |
|
|
Text
ABSTRAK neli-kurnia-wati-pdf-.pdf Download (198kB) |
|
|
Text
8e231-neli-kurnia-wati-pdf-.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di kelas IX SMPN 1 Tilatang Kamang berdasarkan wawancara dan observasi yang telah dilakukan yaitu adanya perbedaan individual berkaitan dengan kemampuan yang dimiliki setiap siswa. Permasalahan lain adalah pembelajaran yang dilakukan masih terpusat pada guru (konvensional). Selain itu, adanya siswa yang terlalu mendominasi dalam pembelajaran sehingga tidak meratanya kesempatan berbicara bagi siswa. Selain itu, hasil belajar matematika siswa juga masih rendah. Persentase siswa yang tidak mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 75 dalam hal ini dilihat dari ketuntasan ulangan harian I siswa kelas IX SMPN 1 Tilatang Kamang tahun pelajaran 2017/2018. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individually (TAI) dipadukan dengan teknik time token dalam pembelajaran matematika. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI dipadukan dengan teknik time token lebih baik daripada melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IX SMPN 1 Tilatang Kamang tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individually (TAI) dipadukan dengan teknik time token lebih baik daripada melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IX SMPN 1 Tilatang Kamang tahun pelajaran 2017/2018. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individually (TAI) dipadukan dengan teknik time token lebih baik daripada melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IX SMPN 1 Tilatang Kamang Tahun Pelajaran 2017/2018”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 1 Tilatang Kamang tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX.7 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar matematika siswa. Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata ? = 0,05, diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 1,88 > 1,67 dan dibandingkan dengan Software Minitab dengan P-value < 0,05, yaitu 0,033 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individually (TAI) dipadukan dengan teknik time token lebih baik daripada melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IX SMPN 1 Tilatang Kamang Tahun Pelajaran 2017/2018.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Ilmu > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 08:46 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 08:46 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/564 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

