Pengaruh Pemanfaatan Media Audio Visual terhadap Pemahaman dan Hafalan Bacaan Shalat Siswa pada Program Unggulan Pendidikan Bukittinggi (PUPB) di SMP Negeri 7 Bukittinggi

Maghfirah Insannia, 20123008 (2025) Pengaruh Pemanfaatan Media Audio Visual terhadap Pemahaman dan Hafalan Bacaan Shalat Siswa pada Program Unggulan Pendidikan Bukittinggi (PUPB) di SMP Negeri 7 Bukittinggi. Magister thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Maghfirah Insannia 20123008 cover.pdf

Download (234kB)
[img] Text
Maghfirah Insannia 20123008 abstrak.pdf

Download (417kB)
[img] Text
Maghfirah Insannia 20123008 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penulis mengangkat judul ini dikarenakan proses belajar dan mengajar pada Program Unggulan Pendidikan Bukittinggi (PUPB) di lokasi ini masih menggunakan cara konvensional. Hal ini terlihat pada proses pembelajaran dan hasil dari pemahaman bacaan shalat siswa yang rendah dan hafalan bacaan shalat sebagian siswa kurang lancar dan belum sesuai dengan makharijul hurufnya, sehingga hal ini menyebabkan siswa merasa bosan dan kurang memahami apa yang disampaikan oleh guru. Maka salah satu upaya yang dapat dilakukan guru agar siswa mampu meningkatkan pemahaman dan hafalan bacaan shalat dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap pemahaman bacaan shalat siswa, untuk mengetahui penggunaan media audio visual terhadap hafalan bacaan shalat siswa, untuk mengetahui berapa besar pengaruh penggunaan media audio visual terhadap pemahaman bacaan shalat siswa, dan untuk mengetahui berapa besar pengaruh media audio visual terhadap hafalan bacaan shalat siswa pada Program Unggulan Pendidikan Bukittinggi (PUPB) di SMP Negeri 7 Bukittinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif yang jenisnya penelitian eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah The Post Test Only Control Group Desaign. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah dengan menggunakan Purposive Sampling dengan melihat nilai tes awal siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes (test tulis dan tes lisan) dan dokumentasi (Nilai siswa). Teknik Analisa Data yaitu data berdistribusi tidak normal dan pada uji homogenitas yaitu sampel memiliki varian yang homogen . Hasil penelitian yaitu 1) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual terhadap pemahaman bacaan shalat siswa, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual terhadap hafalan bacaan shalat siswa, 3) Penggunaan media audio visual pada kelas eksperimen memberikan pengaruh yang “baik” terhadap pemahaman dan hafalan bacaan shalat siswa dengan hasil rata-rata 80,34 dan 83,43. Hipotesis menggunakan uji Mann Whitney dengan nilai Asymp Sig (2 tailed) 0,000 < 0,05 berarti ada perbedaan secara signifikan antara kelas eskperimen dengan pemanfaatan media audio visual dan kelas control. Maka diambil kesimpulan bahwa pemanfaatan media audio visual berpengaruh kepada pemahaman dan hafalan bacaan shalat siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Bukittinggi.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Magister)
Keywords: Media, Pemahaman, Hafalan, Shalat
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam S2
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 24 Oct 2025 08:09
Last Modified: 24 Oct 2025 08:09
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/573

Actions (login required)

View Item View Item