Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Active Learning Tipe Gallery Walk Pada Siswa Kelas VII SMP N 7 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2017/2018

Elsi Rahayu, 2413132 (2018) Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Active Learning Tipe Gallery Walk Pada Siswa Kelas VII SMP N 7 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover elsi-rahayu-2413.132-.pdf

Download (148kB)
[img] Text
abstrak elsi-rahayu-2413.132-.pdf

Download (219kB)
[img] Text
bb01b-elsi-rahayu-2413.132-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di Kelas VII SMP N 7 Bukittinggi. Berdasarkan observasi dan wawancara yang telah dilakukan yaitu hasil belajar siswa masih banyak berada dibawah KKM 75 dalam hal ini dilihat dari ketuntasan UH I siswa kelas VII SMP N 7 Bukittinggi. Kurangnya keaktifan siswa saat pembelajaran di kelas, apabila mereka kurang memahami materi malu untuk bertanya dan malu untuk melihatkan hasil diskusinya ke teman lain. Kurangnya umpan balik siswa karena mereka tidak mau mengomentari hasil diskusi temannya. Proses pembelajaran masih terpusat pada guru ini terlihat ketika proses pembelajaran berlangsung, tampak guru lebih dominan dibandingkan siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mencoba melakukan penelitian dengan menerapkan Strategi Active Learning Tipe Gallery Walk pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang mengikuti Strategi Active Learning Tipe Gallery Walk lebih tinggi daripada yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VII SMP N 7 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2017/2018. Hipotesis dalam penelitian ini “hasil belajar matematika siswa yang mengikuti Strategi Active Learning Tipe Gallery Walk lebih tinggi daripada yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VII SMP N 7 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2017/2018”. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu The Static Group Comporison Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 7 Bukittinggi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel adalah siswa kelas VII.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.7 sebagai kelas kontrol. Data penelitian hasil belajar diperoleh dari tes akhir. Dari hasil analisis tes akhir dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata ? = 0.05, diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 1,895 > 1,67 dan dibandingkan dengan Software Minitab dengan P-value < 0,05, yaitu 0,030 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika yang mengikuti Strategi Active Learning Tipe Gallery Walk lebih tinggi daripada hasil belajar yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP N 7 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Sains > QA Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 28 Oct 2025 07:35
Last Modified: 28 Oct 2025 07:35
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/579

Actions (login required)

View Item View Item