Anita Widianti, 2413032 (2017) Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Strategi Pembelajaran Generatif Pada Siswa Di Kelas VIII SMPN 7 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover anita-widianti.pdf Download (9kB) |
|
|
Text
abstrak anita-widianti.pdf Download (9kB) |
|
|
Text
b8276-anita-widianti.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang belum menampakkan kemampuan bepikir kritis dalam proses pembelajaran, pembelajaran masih terpusat pada guru. Kemampuan berpikir kritis siswa rendah dalam menyelesaikan soal pada proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mencoba melakukan penelitian dengan menerapkan strategi pembelajaran Generatif dalam pembelajaran matematika. Rumusan masalah pada penelitian ini apakah kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan penerapan strategi pembelajaran Generatif lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 7 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan penerapan strategi pembelajaran Generatif lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 7 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2017/2018. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan strategi pembelajaran Generatif lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 7 Tahun Pelajaran 2017/2018”. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 7 Bukittinggi. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII7 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII6 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan berpikir kritis matematika siswa ( tes akhir ). Dari hasil analisis tes akhir dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata ? = 0,05, diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 1,967>1,67. Karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak, serta dengan menggunakan Software Minitap diperoleh P-value=0,027 yang artinya P-value < ? , dengan ? = 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dari hasil dapat disimpulkan bahwa Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan strategi pembelajaran Generatif lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 7. Key Word: Kemampuan Berpikir Kritis, Strategi Pembelajaran Generatif
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Sains > QA Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 07:35 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 07:35 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/583 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

