Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan penguatan media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMPN 2 Kamang Magek

Suci Rahmadia Utami, 2413090 (2017) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan penguatan media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMPN 2 Kamang Magek. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover skripsi-suci-rahmadia-utami-pmtk-.pdf

Download (18kB)
[img] Text
abstrak skripsi-suci-rahmadia-utami-pmtk-.pdf

Download (14kB)
[img] Text
2a5e1-skripsi-suci-rahmadia-utami-pmtk-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi peneliti, sebanyak hampir 90% siswa kelas IX tidak mencapai KKM pada Ulangan Akir Semester pada saat kelas VIII Semester II, masih kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, kurangnya ketertarikan siswa untuk belajar, kurangnya kerja sama antar siswa, hasil belajar yang rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mencoba melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan penguatan media pembelajaran pada pembelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan penguatan media pembelajaran lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dikelas IX SMPN 2 Kamang Magek tahun pelajaran 2017/2018 ? Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan model kooperatif tipe jigsaw dengan penguatan media pembelajaran lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran model kooperatif tipe jigsaw di kelas IX SMPN 2 Kamang Magek tahun pelajaran 2017/2018. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan penguatan media pembelajaran lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran model kooperatif tipe jigsaw di kelas IX SMPN 2 Kamang Magek”. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu The Static Group Comparison Design : Randomized Control- Group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 2 Kamang Magek tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu melakukan uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 sebagai kelas eksperimen1 dan siswa kelas IX-2 sebagai kelas eksperimen2, data hasil belajar diperoleh dari hasil tes belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis tes akhir dihitung menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 2,434 dan ttabel = 1,68. Jadi dapat disimpulkan bahwa “Hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan penguatan media pembelajaran lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran model kooperatif tipe jigsaw di kelas IX SMPN 2 Kamang Magek Tahun Pelajaran 2017/2018

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Sains > QA Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 28 Oct 2025 07:35
Last Modified: 28 Oct 2025 07:35
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/584

Actions (login required)

View Item View Item