Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Dasar Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII di SMPN 3 Tilatang Kamang Tahun 2016/2017

Mega Yunita, 2413106 (2017) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Dasar Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII di SMPN 3 Tilatang Kamang Tahun 2016/2017. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover skripsi-mega-yunita-2413106.pdf

Download (17kB)
[img] Text
abstrak skripsi-mega-yunita-2413106.pdf

Download (233kB)
[img] Text
5a135-skripsi-mega-yunita-2413106.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya keterampilan dasar mengajar guru serta rata-rata hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 Tilatang Kamang masih banyak yang berada dibawah KKM, dalam hal ini dilihat dari nilai ujian semester 1 siswa kelas VII di SMPN 3 Tilatang Kamang tahun 2016/2017. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh signifikan persepsi siswa tentang keterampilan dasar mengajar (KDM) guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMPN 3 Tilatang Kamang. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan dasar mengajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMPN 3 Tilatang Kamang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang keterampilan dasar mengajar (KDM) guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMPN 3 Tilatang Kamang”. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan sifat penelitian Ex post facto. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 3 Tilatang Kamang yang berjumlah 25 orang, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket untuk mengetahui persepsi siswa tentang keterampilan dasar mengajar, sedangkan hasil belajar diperoleh dari nilai ujian semester genap siswa kelas VII di SMPN 3 Tilatang Kamang. Hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi antara keterampilan dasar mengajar (KDM) guru terhadap hasil belajar matematika siswa di SMPN 3 Tilatang Kamang Y =37,1733 + 0,5169????, nilai koefisien korelasi sebesar ????????1???? = 0,513 dan nilai koefisien determinasi sebesar KD=26,31%. Dari pengujian hipotesis , untuk pengaruh signifikan persepsi siswa tentang keterampilan dasar mengajar (KDM) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMPN 3 Tilatang Kamang diperoleh thitung = 2,866dan ttabel = 1,714 pada kepercayaan 0,05. Jika thitung > ttabel, maka hipotesis penelitian diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang keterampilan dasar mengajar guru terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Sains > QA Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 28 Oct 2025 07:35
Last Modified: 28 Oct 2025 07:35
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/587

Actions (login required)

View Item View Item