Intan Rahmawati, 2414076 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif ExampleNon Example Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas XI SMAN 1 Kota Solok Tahun Pelajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover intan.pdf Download (74kB) |
|
|
Text
abstrak intan.pdf Download (103kB) |
|
|
Text
199fd-intan.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di Kelas XI SMAN 1 Kota Solok berdasarkan observasi dan wawancara yang telah dilakukan.diperoleh siswa masih kesulitan dalam memahami konsep matematika, baik dalam menjawab pertanyaan guru ataupun dalam menuliskan jawaban soal matematika dan siswa juga kesulitan memberikan contoh dan non contoh dari masalah yang di hadapi / soal. Selain itu, persentase skor rata-rata siswa masih rendah dalam hal ini dilihat dari ketuntasan soal pemahaman konsep UH Isiswa kelas XISMAN 1 Solok Tahun Pelajaran 2018/2019. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaranExample Non Example lebih baik daripada siswa yang mengikuti Pembelajaran Konvensionaldi kelas XI SMAN 1 Solok Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaranExample Non Example apakah lebih baik daripada siswa yang mengikuti Pembelajaran Konvensionaldi kelas XI di SMAN 1 Solok Tahun Pelajaran 2018/2019. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaranExample Non Examplelebih baik daripada siswa yang mengikuti Pembelajaran Konvensionaldi kelas XI di SMAN 1 Solok Tahun Pelajaran 2018/2019”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 1 Solok Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata pada data populasi.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI4 sebagai kelas kontrol. Data penelitian hasil belajar matematika siswa diperoleh dari tes akhir . Dari hasil analisis tes akhir dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata ? = 0.05, diperoleh harga thitung> ttabel yaitu 1,8032> 1.68 dan dibandingkan dengan Software MINITAB dengan P-value < 0,05, yaitu 0.027< 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan Pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pemebelajaranExample Non Example lebih baik daripada siswa yang mengikuti Pembelajaran Konvensional di kelas XI SMAN 1 SolokTahun Pelajaran 2018/2019.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Sains > QA Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 08:57 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 08:57 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/629 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

