Rani Desvita, 2414035 (2019) Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Generatif Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IX MTsS Sungai Rambah Tahun Pelajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover rani-desvita-2414035-.pdf Download (105kB) |
|
|
Text
abstrak rani-desvita-2414035-.pdf Download (393kB) |
|
|
Text
cf419-rani-desvita-2414035-.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di kelas IX MTsS Sungai Rambah berdasarkan observasi yang telah dilakukan yaitu guru kurang memberi peluang kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan matematis khusunya kemampuam pemecahan masalah dan disposisi matematis sedangkan kurikulum 2013 menekankan pembelajaran dengan pendekatan scientific yaitu siswa diminta mampu berpikir secara ilmiah, aktif, dan siswa mampu menemukan sendiri pengetahuannya sehingga mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis. Salah satu upaya yang diduga dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran generatif dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran generatif lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah dan dispossisi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas IX MTsS Sungai Rambah Tahun Pelajaran 2018/2019. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran generatif lebih baik daripada Kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa di kelas IX MTsS Sungai Rambah Tahun Pelajaran 2018/2019”. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu The Static Group Comparison Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas IX MTsS Sungai Rambah Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 48 orang siswa yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-C sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah dan angket disposisi matematis siswa. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t , diproleh dan dimana . Sedangkan dengan menggunakan software Minitab diperoleh yang artinya dengan taraf nyata , sehingga berdasarkan hasil tersebut tolak dan terima . Sedangkan analisis angket disposisi matematis siswa menggunakan model pembelajaran generatif dengan persentase 75% dan pada siswa menggunakan pembelajaran konvensional dengan persentase 71% tergolong pada kriteria baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa Kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran generatif lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa di kelas IX MTsS Sungai Rambah Pelajaran 2018/2019.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Sains > QA Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 08:57 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 08:57 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/631 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

