Yogi Adharis Saputra, 2414135 (2019) Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Drill Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Tilatang Kamang Tahun Pelajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover yogi-adharis-saputra-2414.135-.pdf Download (111kB) |
|
|
Text
abstrak yogi-adharis-saputra-2414.135-.pdf Download (248kB) |
|
|
Text
5e543-yogi-adharis-saputra-2414.135-.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih terpusat pada guru. Saat pemberian tugas siswa cendrung mencontek disebabkan karena tidak ada pertanggung jawaban dari apa yang mereka kerjakan. Hasil belajar matematika siswa kebanyakan tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75 dalam hal ini dilihat dari nilai Ulangan Harian I Semester II Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 1 Tilatang Kamang Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mencoba melakukan penelitian dengan menggunakan metode Drill. Tujuan dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar matematika melalui penerapan metode drill lebih baik daripada menggunakan pembelajaran ekspositori pada siswa kelas VIII SMP N 1 Tilatang Kamang Tahun Pelajaran 2018/2019. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika melalui penerapan metode drill lebih baik daripada penerapan pembelajaran ekspositori pada siswa kelas VIII SMP N 1 Tilatang Kamang tahun pelajaran 2018/2019”. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Tilatang Kamang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan seluruh siswa kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Data penelitian hasil belajar matematika siswa ini diperoleh dari tes akhir. Berdasarkan analisis data hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar matematika tes akhir dihitung dengan menggunakan uji-t. Dengan hasil thitung = 2,11 dan ttabel = 1,68. Karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak pada taraf nyata ? = 0.05, serta dengan menggunakan Minitab diperoleh Pvalue= 0.021 yang artinya Pvalue < ? dengan ? = 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tolak H0 dan terima H1. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “hasil belajar matematika dengan menggunakan metode drill lebih baik daripada hasil belajar matematika melalui penerapan pembelajaran ekspositori pada siswa kelas VIII SMP N 1 Tilatang Kamang tahun pelajaran 2018/2019.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Sains > QA Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 05:00 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 05:00 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/638 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

