Analisis Kesulitan Belajar Matematika (Studi Kasus Terhadap Siswa Autis Di SMA Negeri 1 Candung)

Juwita Sari, 2414084 (2019) Analisis Kesulitan Belajar Matematika (Studi Kasus Terhadap Siswa Autis Di SMA Negeri 1 Candung). Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover skripsi-juwita-sari-nim-2414084-pmtk-1.pdf

Download (61kB)
[img] Text
abstrak skripsi-juwita-sari-nim-2414084-pmtk-1.pdf

Download (7kB)
[img] Text
94c2a-skripsi-juwita-sari-nim-2414084-pmtk-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dipilihnya sekolah SMA Negeri 1 Candung sebagai satu-satunya sekolah percontohan untuk menyelenggarakan pendidikan inklusif di Kabupaten Agam Sumatera Barat sejak tahun 2016. Dalam belajar matematika anak berkebutuhan khusus jenis autis mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Karena itulah peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana bentuk kesulitan belajar matematika dan apa faktor kendala atau penyebab anak berkebutuhan khusus (autis) mengalami kesulitan belajar matematika di sekolah inklusif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Candung. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Jika digolongkan berdasarkan tujuannya, desain penelitian kualitatif yang digunakan adalah desain kualitatif deskriptif yaitu bertujuan untuk menggambarkan, meringkaskan berbagai kondisi, berbagai situasi, atau berbagai fenomena realitas sosial yang ada di masyarakat yang menjadi objek penelitian, dan berupaya menarik realitas itu kepermukaan sebagai suatu ciri, karakter, sifat, model, tanda, atau gambaran tentang kondisi, situasi, ataupun fenomena tertentu. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sebagai informan kunci siswa autis kelas XII IPA 1 dan XII IPS 1. Sedangkan informan pendukung guru mata pelajaran matematika, guru Bimbingan dan Konseling, dan orang tua atau keluarga siswa yang bersangkutan. Analisis data dilakukan dengan teknik penjodohan pola. Data yang diperoleh diuji keabsahannya dengan triangulasi dan member check. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan kesulitan belajar siswa berkebutuhan khusus (autis) dalam pelajaran matematika adalah dengan adanya tanda-tanda kesulitan dalam mengoperasikan matematika dan mengikuti alur suatu hitungan, kesulitan dalam pengertian konsep kombinasi, membuat kesalahan dalam hitungan yang sama, kesulitan memahami istilah matematika, mengubah soal tulisan kesimbol matematika dan kesulitan perseptual (kemampuan untuk memahami simbol, mengurutkan dan membedakan kelompok angka). Sedangkan faktor penyebab kesulitan belajar siswa berkebutuhan khusus (autis) dalam pelajaran matematika adalah dari faktor psikologis, faktor fisiologis, faktor sosial dan faktor non sosial.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 05 Nov 2025 05:01
Last Modified: 05 Nov 2025 05:01
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/652

Actions (login required)

View Item View Item