Yunetri, 3416051 (2020) Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Sub-sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018). Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
81b18-skripsi-yunetri_3416051 cover.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
81b18-skripsi-yunetri_3416051 abstrak.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
81b18-skripsi-yunetri_3416051 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk megetahui seberapa besar pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan. Dimana CSR menjadi suatu perhatian yang penting bagi suatu perusahaan untuk keberlanjutan perusahaan dimasa yang akan datang. Permasalahan yang sering terjadi yaitu kurangnya perhatian perusahaan terhadap pengungkapan informasi CSR. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman oleh perusahaan tentang arti pentingnya CSR untuk perusahaan dimasa yang akan datang. Perhatian terhadap pengungkapan CSR telah diatur dalam pasal 74 ayat (1) UU No 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas (PT). CSR menjadi acuan bagi investor dalam berinvestasi karena perusahaan yang selalu mengungkapkan informasi CSR akan dipandang baik dimata stakeholder maupun investor. Serta dengan pengungkapan informasi CSR akan meningkatkan Nilai Perusahaan, yaitu dengan melihat seberapa besar minat investor terhadap suatu perusahaan dan dengan melihat seberapa baik citra perusahaan dimata pemangku kepentingan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data sekunder berupa laporan berkelanjutan dan laporan tahunan yang diterbitkan perusahaan yang diakses melalui situs bursa http://www.idx.co.id. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi sub-sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2015-2018 sebanyak 26 perusahaan dan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 11 perusahaan yang dipilih dengan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah : Uji Asumsi Klasik Yang Terdiri dari Uji Normalitas dan Uji Autokerelasi. Analisis Regresi Linear Sederhana dan Uji Hipotesis menggunakan Uji t (Parsial). Hasil penelitian ini menunjukkan Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi sub-sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2018. Artinya semakin besar pengungkapan CSR yang diungkapkan perusahan maka semakin tinggi pula nilai jual dari suatu perusahaan sehingga menaikkan nilai perusahaan.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Keywords: | Corporate Social Responsibility (CSR), Nilai Perusahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 06:58 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 06:58 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/66 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |