Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsS Muhammadiyah Lawang Tigo Balai Tahun Pelajaran 2019/2020

Annisa Aprilia, 2415110 (2019) Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsS Muhammadiyah Lawang Tigo Balai Tahun Pelajaran 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover annisa-aprilia-2415.110-.pdf

Download (27kB)
[img] Text
abstrak annisa-aprilia-2415.110-.pdf

Download (437kB)
[img] Text
50b9b-annisa-aprilia-2415.110-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsS Muhammadiyah Lawang Tigo Balai Tahun Pelajaran 2019/2020. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh metode drillterhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsS Muhammadiyah Lawang Tigo Balai Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode drill terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsS Muhammadiyah Lawang Tigo Balai Tahun Pelajaran 2019/2020. Hipotesis dari penelitian ini adalah “Hasil belajar matematikasiswa yang mengikuti Metode pembelajaran Drill lebih baik secara signifikan dengan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsS Muhammadiyah Lawang Tigo Balai Tahun Pelajaran 2019/2020”. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS Muhammadiyah Lawang Tigo Balai. Pengambilan sampel dilakukan secara random, dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan uji kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 2,00 dan ttabel = 1,67. Karena thitung ttabel maka H0 ditolak dan terima H1. Sedangkan Pvalue = 0,025 dan = 0,05, karena Pvalue 0,05, itu berarti H0 juga ditolak. Kemudian diperoleh nilai rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 76.38 , sedangkan pada kelas kontrol sebesar 65.36. Jadi dapat disimpulkan bahwa “Hasil belajar matematika siswa melalui penerapan metode drill lebih baik secara signifikan dari pada hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsS Muhammadiyah Lawang Tigo Balai Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Sains > QA Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 05 Nov 2025 07:25
Last Modified: 05 Nov 2025 07:25
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/664

Actions (login required)

View Item View Item