Rulya Oktaviani, 2612143 (2017) Pelaksanaan Layanan Informasi di SMP Negeri 5 Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover RULYA OKTAVIANI.pdf Download (13kB) |
|
|
Text
abstrak RULYA OKTAVIANI.pdf Download (96kB) |
|
|
Text
fulltext RULYA OKTAVIANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Layanan informasi merupakan salah satu dari sepuluh layanan yang ada dalam Bimbingan Konseling. Dalam pelaksanaanya, kegiatan pemberian layanan informasi di SMP Negeri 5 Bukittinggi masih belum berjalan sebagaimana yang diharapkan, hal ini ditandai dengan siswa yang kurang serius dalam mengikuti proses kegiatan pemberian layanan. Di samping itu juga ada beberapa siswa yang tidak hadir pada jam pelajaran Bimbingan Konseling, siswa juga sering keluar masuk kelas ketika proses pemberian layanan berlangsung. Beberapa siswa juga terlihat berbicara dengan teman dan tidak memperhatikan guru BK saat memberikan layanan. Selain itu setelah layanan berakhir, ketika guru BK melakukan sesi tanya jawab terkait materi yang baru saja disampaikan, nampak hanya sedikit siswa yang mampu menjawab pertanyaan tersebut. Untuk itu penulis merasa tertarik meneliti tentang Pelaksanaan Layanan Informasi di SMP Negeri 5 Bukittinggi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu dengan menggambarkan kejadian yang ada di lapangan secara sistematis. Informan atau orang yang bertindak sebagai pemberi informasi dalam penelitian ini adalah guru Bimbingan Konseling, guru mata pelajaran, dan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi. Penulis mengumpulkan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data-data yang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik analisa data deskriptif kualitatif dan triangulasi data, yaitu dengan membandingkan data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan layanan informasi di SMP Negeri 5 Bukittinggi yang diselenggarakan oleh guru BK dimulai dengan analisis kebutuhan siswa dengan melakukan need assesment. Dari hasil need assesment diketahui bahwa siswa mengalami masalah dalam motivasi belajar. Untuk itu guru BK memberikan layanan informasi dengan materi meningkatkan motivasi belajar dan teknik-teknik belajar. Dalam pelaksanaannya, guru BK menggunakan teknik klasikal dengan metode ceramah dan tanya jawab. Untuk menunjang hasil pelaksanaan layanan, guru BK menggunakan media berupa laptop, dan power point yang ditampilkan melalui infokus. Dalam hal evaluasi terhadap pelaksanaan layanan informasi, guru BK juga menyampaikan hasil pengolahan aplikasi instrumentasi kepada siswa, guru mata pelajaran, dan wali kelas.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Pelaksanaan Layanan Informasi di SMP Negeri 5 Bukittinggi |
| Subjects: | B Filosofi. Psikologi. Agama > BF Psychology L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 04:06 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 04:06 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/684 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

