Upaya Guru Pembimbing Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Di SMKN 1 Tanjung Raya

Zulfahmi, 2613040 (2017) Upaya Guru Pembimbing Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Di SMKN 1 Tanjung Raya. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover ZULFAHMI.pdf

Download (123kB)
[img] Text
abstrak ZULFAHMI.pdf

Download (6kB)
[img] Text
fulltext ZULFAHMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemandirian belajar pada diri siswa di SMKN 1 Tanjung Raya. Bentuk kurang kemandirian belajar yang ditampilkan siswa adalah sering mengerjakan PR pagi hari di sekolah dengan mengharapkan bantuan jawaban dari teman yang lain dan kurang memanfaatkan waktu kosong untuk mencari bahan materi tambahan ke dalam pustaka dan waktu kosong tersebut dipergunakan hanya untuk bermain-main saja. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu mengambarkan peristiwa yang terjadi dilapangan atau peneliti mencoba mengambarkan, menuliskan dan menafsirkan suatu fenomena yang berkembang pada masa sekarang, untuk menjamin ke absahan data dilakukan triangulasi data. Dalam pengambilan data ini yang menjadi informan kuncinya adalah guru pembimbing di SMKN 1 Tanjung Raya karena guru pembimbinglah yang melakukan dan memberikan pelayanan kepada siswa dan informan pendukungnya adalah siswa dan wali kelas. Hasil dari temuan penulis adalah kemandirian belajar di sekolah ini sudah terlihat perubahan setelah dilakukan oleh guru pembimbing beberapa upaya, hal tersebut terlihat dari proses pembelajaran yang dilakukan oleh siswa. Kemudian upaya yang dilakukan guru pembimbing untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa adalah upaya preventif, kuratif dan preseveratif. Dalam upaya preventif ini terimplikasi dalam layanan orientasi, informasi, dan bimbingan kelompok. Dalam upaya kuratif terimplikasi dalam layanan konseling perorangan. Sedangkan upaya preseveratif terimplikasi dalam program yang efektif dan efisien. Dimana dalam pelaksanaan pelayanan tersebut berbeda-beda materi yang diberikan oleh guru pembimbing. Materi yang diberikan dalam layanan orientasi yaitu kondisi umum SMKN 1 Tanjung Raya, materi dalam layanan informasi yaitu belajar mandiri dan cara belajar yang berkaitan dengan permasalahan belajar, materi dalam layanan bimbingan kelompok yaitu manfaat teknologi dan aplikasi bimbel online sebagai penunjang belajar, di dalam konseling perorangan guru pembimbing memanggil siswa-siswanya ke dalam ruangan bimbingan konseling dan pada program efektif dan efisien guru pembimbing mengajak siswa-siswa untuk perpartisipasi aktif dalam proses pelayanan klasikal supaya siswa mandiri. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa upaya guru pembimbing dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMKN 1 Tanjung raya sudah cukup baik, sangat bermanfaat bagi siswa dan membuat siswa sudah mulai sedikit berubah walaupun belum semaksimal yang diharapkan. Dalam hal ini, diharapkan guru pembimbing lebih kreatif lagi dalam meningkatkannya.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: upaya, guru pembimbing, kemandirian belajar, siswa
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BF Psychology
L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 06 Nov 2025 04:06
Last Modified: 06 Nov 2025 04:06
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/693

Actions (login required)

View Item View Item