Pelaksanaan Layanan Informasi Bagi Siswa Pencandu Main Game Online di SMP N 2 Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman

Agusnawati, 2613002 (2017) Pelaksanaan Layanan Informasi Bagi Siswa Pencandu Main Game Online di SMP N 2 Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover AGUSNAWATI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
abstrak AGUSNAWATI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
fulltext AGUSNAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar Belakangi dengan fenomena yang penulis temukan di SMP N 2 Lubuk Sikaping.Sebenarnya game online dibuat dalam beberapa generasi, masing-masing generasi memiliki perbedaan teknologi. Namum pada intinya, semakin besar generasinya semakin canggih teknologinya. Game online menyebabkan siswa di SMP N 2 Lubuk Sikaping terasa tertantang sehingga terus- menerus memainkannya. Penulis menemukan beberapa masalah-masalah yang muncul dari aktifitas bermain game online yang berlebihan, diantaranya kurang peduli terhadap kehilangan control atas waktu serta menurunnya prestasi akademik, dan jarangnya membuat tugas yang di berikan oleh guru di rumah karna keasikan main game online.Dan salah satu jenis perilaku main game online adalah memdapatkan kesenangang saat bermain game online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling terhadap pencandu main game online di SMP N 2 LubukSikaping. Jenis penelitian yang penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research ) yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan konseling terhadap pencandu main game online. Data ini dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Informasi dari penelitian adalah guru pembimbing, siswa kelas VII, dan kepala sekolah.Analisis data yang dilakukan adalah dengan reduksi data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian diperoleh bahwah guru pembimbing telah melaksanakan pelaksanan layanan kepada siswa yang candu main game online, diantaranya layanan informasi, dan layanan konseling perorangan, dalam layanan ini memiliki tiga tahap, tahap pertama prakegiatan, kegiatan inti dan penilaan hasil proses.Tetapi dalam pelaksanaan masih kurang maksimal. Hal ini ditandai dengan siswa yang masih banyak keluar di saat proses belaja rmegajar berlangsung untuk pergi kewarnet untuk main game online.dan kendala waktu guru pembimbing untuk memberikan layana kepada siswa SMP N 2 Lubuk Sikaping

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BF Psychology
G Geografi, Antropologi. Rekreasi > GV Recreation Leisure
L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 07 Nov 2025 04:46
Last Modified: 07 Nov 2025 04:46
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/703

Actions (login required)

View Item View Item