Dessy Albertin, 2613007 (2017) Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Di Mtsn 1 Kota Payakumbuh. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover desy-albertin-2613.007-bk-pdf.pdf Download (17kB) |
|
|
Text
abstrak desy-albertin-2613.007-bk-pdf.pdf Download (6kB) |
|
|
Text
522a7-desy-albertin-2613.007-bk-pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan sosial adalah kemampuan individu untuk berkomunikasi efektif dengan orang lain baik secara verbal maupun nonverbal sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada pada saat itu. Hasil Pengamatan awal di MTsN 1 Kota Payakumbuh menunjukkan fenomena seperti siswa marah atau langsung membantah dalam diskusi ketika pendapatnya tidak sesuai peserta diskusi lain sehingga bisa dikatakan siswa tersebut kurang mampu mengontrol emosi atau siswa tidak menerima ide atau pendapat oranglain, tidak memahami perasaan dengan keinginan orang lain atau tidak menjaga perasaan oranglain, siswa berbicara sesuka hatinya tanpa dia sadari dengan siapa mereka bicara terutama dalam proses belajar serta adanya siswa kurang berani berbicara, mengungkapkan setiap perasaan atau permasalahan yang dihadapi. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui kemampuan keterampilan sosial siswa sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok dan mengetahui besar peningkatan keterampilan sosial siswa setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok di MTsN 1 Kota Payakumbuh. Penelitian ini tergolong penelitian pra eksperimen model One Group Pretest Postest Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Kota Payakumbuh yang berjumlah 347 orang, sedangkan sampel peneliti ini dilakukan atas instruksi dari guru pembimbing di sekolah dengan tujuan siswa yang telah ditunjuk oleh guru pembimbing tersebut diharapkan mampu merangsang kemampuannya dalam meningkatkan keterampilan sosial. Sampel yang ditentukan oleh guru pembimbing yaitu ada 10 orang siswa dari kelas VII.7 dan VII.9. Alat pengukuran data adalah angket. Teknik analisis data uji-t dengan menggunakan Statistic Product and Service Solution (SPSS) versi 15. Dari perhitungan diperoleh deskripsi keterampilan sosial siswa sebelum dilakukan layanan bimbingan kelompok memiliki rata-rata 148.70. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok memiliki skor rata-rata 177.00. Perbedaan nilai pretest dan posttest diketahui dari hasil nilai t-test menunjukkan perbedaan antara nilai pretes dengan nilai postes, pernyataan ini berdasarkan nilai thitung 3.323 dan ttabel yaitu 1,83 dengan membandingkan thitung >ttabel = 3.323 > 1,83 maka H0 ditolak yang berarti adanya perbedaan keterampilan sosial siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok, dengan df 9 pada taraf signifikansi 0.05 maka H0 ditolak karena 0,013 < 0,05, hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pelaksanaan keterampilan sosial siswa sebelum atau sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | H Ilmu Sosial > HM Sosiologi (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 04:46 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 04:46 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/708 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

