Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Kepercayaan Diri Siswa Dalam Menghadapi Ujian di MTsN 2 Bukittinggi

Zafriyani Sari, 2613202 (2018) Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Kepercayaan Diri Siswa Dalam Menghadapi Ujian di MTsN 2 Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover zafriyani-sari.pdf

Download (21kB)
[img] Text
abstrak zafriyani-sari.pdf

Download (14kB)
[img] Text
87716-zafriyani-sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terlihat dari sikap kepercayaan diri siswa yakni adanya siswa kelas VIII yang memiliki kebiasaan belajar yang buruk karena kebanyakan siswa tidak maksimal mempersiapkan diri saat akan ujian terlihat dari banyaknya siswa yang belajar kebut semalam, sehingga banyak siswa bermenung saat ujian, gelisah didalam ruangan ujian, dan selalu mengharapkan contekan dari teman sehingga memperoleh nilai yang kurang memuaskan. Hal inilah yang mempengaruhi rasa percaya diri yang dimiliki oleh siswa tersebut dalam mengerjakan soal ujian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap kepercayaan diri siswa dalam menghadapi ujian di MTsN 2 Bukittinggi. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 2 Bukittinggi berjumlah 238 orang dan jumlah sampel 70 orang siswa yang dipilih dengan teknik proporsional rondom sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan jenis skala Likert. Data di analisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil persentase keseluruhan kebiasaan belajar siswa MTsN 2 Bukittinggi sebesar 75,7 %. Hasil persentase keseluruhan kepercayaan diri siswa MTsN 2 Bukittinggi sebesar 73,9 %. Serta besar pengaruh variabel kebiasaan belajar terhadap kepercayaan diri siswa di MTsN 2 Bukittinggi sebesar 51,70% dikategorikan sedang dan 48,03% dipengaruhi oleh faktor lain sebagaimana terdapat pada teori kepercayaan diri siswa yaitu berdassrkan hasil belajar siswa (konsep diri, harga diri) dan sikap siswa dalam mengahadapi lingkungan sekolahnya (pengalaman, dan pendidikan).

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Kebiasaan Belajar, Kepercayaan Diri
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BF Psychology
L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 07 Nov 2025 08:27
Last Modified: 07 Nov 2025 08:27
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/718

Actions (login required)

View Item View Item