Rafita Dewi, 2613183 (2018) Efektifitas Layanan Informasi Dalam Meningkatkan Regulasi Diri Siswa. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover rafita-dewi.pdf Download (12kB) |
|
|
Text
abstrak rafita-dewi.pdf Download (57kB) |
|
|
Text
b4d88-rafita-dewi.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar blakangi oleh adanya beberapa siswa yang regulasi dirinya rendah terlihat pada saat guru mata pelajaran menerangkan pelajaran di depan kelas, peserta didik kurang bisa mengontrol dirinya seperti: suka menyandarkan kepala di atas meja,bertanya kepada teman sebangku dengan nada yang tinggi.Peneliti juga melakukan wawancara dengan beberapa siswa tentang regulasi diri,mereka memberikan pernyataan, lebih senang bermain di saat belajar,mereka lebih suka keluar masuk kelas di saat jam pelajaran, karena pelajarannya membosankan, lebih suka menggangu teman yang sedang serius belajar dan meribut dalam kelas. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian pra-eksperimen. penelitian eksperimen yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari sesuatu yang dikenakan pada subjek selidik. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas VII berjumlah 246 orang .Teknik pengambilan sampel menggunakan pourposiv sampling, artinya Pengambilan sampel dilakukan atas instruksi dari guru BK di sekolah. Sampel yang ditentukan oleh guru BK yaitu kelas VII di pengolahan data dibantu dengan aplikasi excel menggunakan Stratical Product and Service Solution. (SPSS) versi 22.00.Perbedaan nilai pretest dan posttest diketahui dari hasil nilai t-test menunjukkan perbedaan antara nilai pretes dengan nilai postes, pernyataan ini berdasarkan nilai thitung 0.00 dan ttabel yaitu 1,69 dengan membandingkan thitung < ttabel = 0.00 < 1,69 maka Ha diterima yang berarti adanya perbedaan regulasi diri sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dengan df 30 pada taraf signifikansi 0.05, maka Ha diterima karena 0,00 < 0,05, hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pelaksanaan regulasi diri siswa sebelum atau sesudah diberikan layanan informasi. Diharapkan siswa lebih sering melatihkan regulasi diri karena dengan regulasi diri mereka berani berbicara, mengungkapkan permasalahan yang dihadapi sekaligus menemukan penyelesaian yang adaptif, memiliki tanggung jawab yang, penuh pertimbangan sebelum melakukan sesuatu, mampu menolak dan menyatakan ketidak setujuannya terhadap pengaruh-pengaruh negatif dari lingkungan dan kepada Guru BK lebih meningkatkan lagi pelaksanaan efektifitas layanan informasi dengan intensif,tentunya dengan materi-materi menarik lainnya terutama dalam bidang sosial
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | B Filosofi. Psikologi. Agama > BF Psychology L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 08:28 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 08:28 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/720 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

