Pengaruh Model Pembelajaran Pictorial Riddle terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Informatika dan Komputer (TIK) di SMK N 1 Koto Besar

Putri Anisa Ramadani, 2517128 (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Pictorial Riddle terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Informatika dan Komputer (TIK) di SMK N 1 Koto Besar. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Putri Anisa Ramadani 2517128 cover.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Putri Anisa Ramadani 2517128 abstrak.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Putri Anisa Ramadani 2517128 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar TIK saat ini dimana hasil belajar berada di bawah Kriteria Ketuntasan hasil belajar yang telah ditentukan. Berbagai permasalahan di timbulkan dimulai dengan proses pembelajaran yang kurang efektif. Permasalahan yang ditemukan maka diperlukan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat membantu guru dalam penyampaian materi pembelajaran yaitu dengan menyuruh siswa untuk memecahkan suatu permasalahan yang berkaitan dengan materi pelajaran sehingga siswa dapat aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informatika Komputer di kelas X SMK Negeri 1 Koto Besar, Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 1 Koto Besar Tahun Ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Populasi kelas X berjumlah 79 siswa. Berdasarkan hasil ulangan harian (awal) rata-rata kelas X KI dijadikan kelas Eksperimen, sedangkan sebagian siswa dari kelas X APL dijadikan sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini diperoleh dengan tes akhir berupa soal objektif sebanyak 20 butir soal yang telah diujikan. Berdasarkan hasil deskripsi dan analisis data tes hasil belajar siswa terlihat bahwa hasil belajar Simulasi Digital siswa untuk kelas eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa kelas eksperimen adalah 81 sedangkan kelas kontrol mempunyai rata- rata 75.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Model Pembelajaran Pictorial Riddle, Hasil Belajar
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 10 Nov 2025 02:21
Last Modified: 10 Nov 2025 02:21
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/725

Actions (login required)

View Item View Item