Penerapan Perilaku Asertif Siswa di SMKN 1 Lubuk Sikaping

Isra Amalia Putri, 2613133 (2018) Penerapan Perilaku Asertif Siswa di SMKN 1 Lubuk Sikaping. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover isra-amalia-putri.pdf

Download (20kB)
[img] Text
abstrak isra-amalia-putri.pdf

Download (13kB)
[img] Text
e0670-isra-amalia-putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan yang berhubungan dengan bentuk perilaku tidak asertif siswa di sekolah, yaitu siswa yang mendongkol dan berkata tidak sopan ketika ditegur gurunya, bergaul dengan temannya siswa tersebut mengejek dan berkata tidak sopan, siswa yang tidak bisa menyampaikan perasaan tidak senangnya terhadap tingkah laku teman sekelasnya dan hanya membiarkan saja, dan siswa yang tidak dapat menolak ajakan temannya untuk melanggar peraturan sekolah seperti membolos, merokok takut dikucilkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana penerapan perilaku asertif siswa di sekolah. Kegunaan penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan, wawasan dan keterampilan penulis dalam penelitian tentang penerapan perilaku asertif siswa. Jenis penelitian di sini adalah Field Research atau penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah guru pembimbing di SMKN 1 LUBUK SIKAPING, Sedangkan yang menjadi Informan pendukung adalah siswa-siswa di SMKN 1 LUBUK SIKAPING. Teknik pengumpulan data melalui: observasi, wawancara, dokumentasi dan Teknik Keabsahan Data atau Triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa guru BK telah melakukan penerapan perilaku asertif dengan memberikan layanan dasar bidang layanan pribadi dan sosial. Masing-masing tema yang diberikan berkaitkan dengan ciri-ciri perilaku asertif yaitunya sifat jujur, memperlakukan orang lain dengan hormat, menampilkan diri sendiri dan menyayangi orang lain, memiliki hubungan yang baik dan efektif dengan orang lain, dan tenang dalam keseharian dan memperlihatkan selera humor dalam menghadapi situasi-situasi yang sulit, sasaran layanan yaitu kelas X, XI, dan XI setiap tema diberikan dua kali pertemuan.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BF Psychology
L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 10 Nov 2025 04:06
Last Modified: 10 Nov 2025 04:06
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/743

Actions (login required)

View Item View Item