Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Jumlah Calon Jamaah Umrah di PT Bimalyndo Hajar Aswad Kota Bukittinggi

Muhammad Ikram Suhardi, 3619085 (2025) Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Jumlah Calon Jamaah Umrah di PT Bimalyndo Hajar Aswad Kota Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Muhammad Ikram Suhardi 3619085 cover.pdf

Download (312kB)
[img] Text
Muhammad Ikram Suhardi 3619085 abstrak.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Muhammad Ikram Suhardi 3619085 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini ditulis karena seiringan dengan perkembangan kebutuhan dan permintaan konsumen dan melonjaknya customer, tentu semakin banyak persaingan yang di hadapi oleh usaha biro perjalanan atau lembaga PT. Bimalyndo Hajar Aswad. Hal ini mengharuskan usaha ini untuk dapat bersaing dengan lembaga travel yang lainnya agar perusahaan ini terus berjalan melayani dan menyediakan jasa bagi hamba Allah yang ingin menunaikan ibadah umrah. Berdasarkan hal ini maka penulis ingin mengetahui secara utuh tentang bagaimana pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap peningkatan jumlah calon jama’ah umroh di PT. Bimalyndo Hajar Aswad Kota Bukittinggi, kemudian penulis akan meneliti mengenai upaya yang akan dilakukan oleh PT. Bimalyndo Hajar Aswad Kota Bukittinggi dalam meningkatkan jumlah calon jama’ah umroh yang menggunakan jasa tour travel-nya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, yang berlokasi di PT. Bimalyndo Hajar Aswad, Jl. Cemp. Raya, Campago Ipuh, Kec. Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26117, waktu penelitian ini diestimasi selama 5 bulan yaitu mulai bulan februari hingga bulan juli 2023. Jenis data yang digunakan yakni data primer yang langsung diperoleh dari responden dan narasumber. Populasi pada penelitian ini diperoleh dari jama’ah umroh yang menggunakan jasa tour travel umroh di PT. Bimalyndo Hajar Aswad Kota Bukittinggi mulai tahun 2020-2022 sebanyak 569 orang, seterusnya dihitung menggunakan rumus solvin dan diperoleh sampel sebanyak 85 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa uji regresi linear berganda memperoleh nilai konstanta 1,662, koefisien regresi pada variabel Produk 0,201/20,1%, Promosi 0,307/30,7%, Harga 0,351/35,1%, Tempat 0,269/26,9%. Proses 0,419/41,9%, Manusia 0,360/36%, dan Bukti Fisik 0,314/31,4%. Hal ini menunjukkan bahwa apabila setiap kenaikan 1% pada variabel independen, maka akan mempengaruhi Peningkatan Calon Jama’ah Umroh sebesar nilai koefiien regresinya. Untuk hasil uji Koefisien Determinasi (R2) sebesar 78.1%, Masih terdapat variabel lain yang dapat menjadi pengaruh Peningkatan Jumlah Calon Jama’ah Umroh sebesar 21,9%. Artinya penelitian ini masih dapat dikembangkan dan dikaji hingga tuntas untuk mendapatkan nilai pengaruh secara keseluruhan terhadap Peningkatan Jumlah Calon Jama’ah. Hendaknya PT. Bimalyndo dapat manganalisa lebih dalam terkait peluang dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menarik customer dengan menggunakan acuan teori marketing mix bidang jasa agar usahanya dalam meningkatkan jumlah jama’ah umroh di perusahaannya dapat tercapai.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Jumlah Calon Jamaah Umrah Di PT. Bimalyndo Hajar Aswad
Subjects: H Ilmu Sosial > HF Perdagangan > HF5410 Pemasaran, Distribusi produk
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 10 Nov 2025 04:37
Last Modified: 10 Nov 2025 04:37
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/744

Actions (login required)

View Item View Item