Cici Sri Wahyuni, 2613208 (2018) Hubungan Pemahaman Diri dengan Perencanaan Karir Siswa Kelas XI MAS Asy Syarif Koto Laweh Tilatang Kamang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover cici-sri-wahyuni-2613.208.pdf Download (16kB) |
|
|
Text
abstrak cici-sri-wahyuni-2613.208.pdf Download (85kB) |
|
|
Text
2d33d-cici-sri-wahyuni-2613.208.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Pemahaman diri merupakan suatu kemampuan seseorang yang dimiliki sejak lahir untuk melihat kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Salah satu hal yang penting dalam pengambilan keputusan dalam perencanaan karir adalah pemahaman diri maksudnya siswa memahami dan menerima dirinya, kekuatan dan kelemahan seperti apa adanya. Penelitian ini beranjak dari fenomena yang ada di lokasi penelitian dimana terdapat siswa yang kurang mengetahui minat dan bakat yang dimilikinya, terdapat beberapa siswa yang dalam merencanakan karirnya hanya karena ikut-ikutan teman serta tuntutan dari orangtua. Selain itu terdapat siswa yang dalam merencanakan karir berdasarkan pada besar atau kecilnya penghasilan yang diperoleh dari karir yan diambilnya nanti. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Melihat keterkaitan antara pemahaman diri dengan perencanaan karir siswa kelas XI MAS Asy Syarif Koto Laweh Tilatang Kamang, 2) Untuk melihat seberapa besar hubungan antara pemahaman diri dengan perencanaan karir siswa kelas XI MAS Asy Syarif Koto Laweh Tilatang Kamang. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif korelasional. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI MAS Asy Syarif Koto Laweh Tilatang Kamang yang berjumlah 28 orang siswa Yang di ambil dengan menggunakan teknik total sampling. Alat pengumpulan data adalah angket. Teknik analisis data menggunakan statistik sederhana, dan dalam pengkorelasian variabel penelitian menggunakan Statiscal Product and Service Solution (SPSS) versi 20.00. Berdasarkan hasil penelitian mengenai hubungan pemahaman diri dengan perencanaan karir siswa kelas XI MAS Asy Syarif Koto Laweh Tilatang Kamang, di peroleh sebesar 0,828. Sementara dari r tabel degree of freedom (df) 26 diperoleh angka 0,388 pada taraf signifikan 0,05. Maka dapat diketahui bahwa > daripada , maka penelitian ini dapat penulis simpulkan sebagai berikut: Terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman diri dengan perencanaan karir siswa kelas XI MAS Asy Syarif Koto Laweh Tilatang Kamang, hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Angka indeks korelasi ( ) 0,828 dan > daripada yaitu 0,388, ini terletak antara 0.80-1.00 dapat diperoleh suatu interpretasi bahwa pemahaman diri memiliki korelasi yang “sangat tinggi” dengan perencanaan karir siswa kelas XI di MAS Asy Syarif Koto Laweh Tilatang Kamang. Berdasarkan temuan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman diri berpengaruh terhadap perencanaan karir siswa. Yaitu jika semakin tinggi pemahaman diri siswa maka akan semakin matang perencanaan karir siswa tersebut. Maka diharapkan kepada siswa kelas XI Mas Asy Syarif Koto Laweh Tilatang Kamang agar dapat lebih meningkatkan pemahaman terhadap diri sendiri dengan cara mengenali bakat, minat serta keterampilan yang dimiliki, dan memahami kelebihan dan kekurangan diri sehingga mampu untuk merencanakan atau membuat pilihan karir yang sesuai dengan kemampuan.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 04:10 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 04:10 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/745 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

