Strategi Bauran Promosi dalam Memasarkan Program Umrah pada PT Al Shafwah Wisata Mandiri Smart Umrah Cabang Agam

Riski Juliani Putri, 3621015 (2025) Strategi Bauran Promosi dalam Memasarkan Program Umrah pada PT Al Shafwah Wisata Mandiri Smart Umrah Cabang Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Riski Juliani Putri 3621015 cover.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Riski Juliani Putri 3621015 abstrak.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Riski Juliani Putri 3621015 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bauran promosi (promotion mix) yang digunakan oleh PT Al-Shafwah Wisata Mandiri Smarts Umrah Cabang Agam dalam memasarkan program umrah. Strategi promosi merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap layanan perjalanan ibadah umrah, terlebih di tengah persaingan biro travel yang semakin ketat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, di mana data diperoleh melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan menerapkan beberapa elemen dari bauran promosi (promotion mix), antara lain periklanan melalui media sosial (Instagram, Facebook, TikTok), personal selling kepada calon jamaah, serta promosi dari mulut ke mulut melalui alumni. Selain itu, perusahaan juga memanfaatkan testimoni video dari jamaah sebagai bentuk promosi digital. Namun demikian, ditemukan kelemahan dalam pengelolaan konten media sosial dan minimnya interaksi online yang bersifat edukatif dan informatif. Strategi SO menjadi strategi prioritas yang dinilai paling efektif, karena perusahaan memiliki kekuatan dalam media promosi dan loyalitas jamaah, serta peluang dari tren digitalisasi dan jaringan sosial masyarakat yang kuat. Dengan mengoptimalkan kekuatan tersebut, perusahaan memiliki peluang besar untuk meningkatkan brand awareness dan memperluas pangsa pasar.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Strategi Promosi, Bauran Promosi (Promotion Mix), Umrah, SWOT, PT Al-Shafwah
Subjects: H Ilmu Sosial > HF Perdagangan > HF5410 Pemasaran, Distribusi produk
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 01 Dec 2025 02:09
Last Modified: 01 Dec 2025 02:09
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/746

Actions (login required)

View Item View Item