Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Mengunakan Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas X-IPA SMAN 1 VIIKoto Sungai Sarik Padang Pariaman Tahun Pelajaran 2019/2020

Nara Hardi, 2415023 (2020) Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Mengunakan Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas X-IPA SMAN 1 VIIKoto Sungai Sarik Padang Pariaman Tahun Pelajaran 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
67435-nara-hardi-2415023 cover.pdf

Download (106kB)
[img] Text
67435-nara-hardi-2415023 abstrak.pdf

Download (250kB)
[img] Text
67435-nara-hardi-2415023 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena, kurangnya partisipasi siswa di saat proses pembelajaran berlansung, yang disebabkan pembelajaran yang masih terfokus kepada guru, sehingga membuat siswa cepat bosan dan kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran ketika sedang berlansung. Dalam proses pembelajaran siswa juga tidak menerima penghargaan terhadap hasil belajarnya dan sebagian besar nilai hasil belajar siswa masih berada dibawah KKM yaitu 75. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan tipe Student Teams Achievement Division (STAD), karena adannya keinginan siswa untuk belajar berkelompok. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas X-IPA SMAN 1 VII Koto Sungai Sarik Padang Pariaman tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbandingan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas X-IPA SMAN 1 VII Koto Sungai Sarik Padang Pariaman tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Posttest Only Comparison Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-IPA SMAN 1 VII Koto Sungai Sarik tahun pelajaran 2019/2020. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X-IPA 1 sebagai kelas eksperimen I yang menerapkan tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan siswa kelas X-IPA 2 sebagai kelas eksperimen II yang menerapkan tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Data penelitian hasil belajar diperoleh dari tes akhir siswa. Berdasarkan analisis data hasil tes ulangan harian siswa dihitung dengan menggunakan uji-t. Dengan hasil thitung= 2,43 dan ttabel = 2,00. Karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak pada taraf nyata α = 0,025, serta dengan menggunakan Software Minitab diperoleh Pvalue = 0,009 yang artinya Pvalue < α dengan α = 0,05.Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tolak H0 dan terima H1. Artinya hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbeda dengan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas X-IPA SMAN 1 VII Koto Sungai Sarik Padang Pariaman tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 03 Jul 2025 08:37
Last Modified: 04 Jul 2025 03:16
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/75

Actions (login required)

View Item View Item