Pengaruh Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota

Sri Reva Anggira, 2614185 (2018) Pengaruh Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover SRI REVA ANGGIRA.pdf

Download (59kB)
[img] Text
abstrak SRI REVA ANGGIRA.pdf

Download (84kB)
[img] Text
5b777-skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena sebagian siswa sering sekali melanggar tata tertib sekolah seperti terlambat, membolos sekolah terutama pada kelas XI yang itu karena interaksi bersama temannya karena interaksi bersama temannya yang berdampak kepada prestasi belajarnya dimana dalam interaksi sosial tersebut ada yang interaksi sosialnya bagus bersama teman-temannya tetapi prestasi belajarnya rendah.Memang seharusnya apabila interaksi dengan temanteman bagus maka prestasi belajar juga bagus, ada juga sebagian siswa yang tidak peduli sama sekali baik dengan teman-teman terutama dalam belajar, kemudian ada juga yang biasanya pergi sekolah hanya untuk main-main dan menghabiskan waktu yang interaksi dengan teman-teman. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: Besar pengaruh interaksi sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 kecamatan lareh sago halaban kabupaten lima puluh kota. Penelitian ini tergolong pada penelitian korelasi yaitu menghubungkan dua buah variabel yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 kecamatan lareh sago halaban kabupaten lima puluh kota 260 orang. Sampel penelitian sejumlah 65 orang siswa yang diambil dengan menggunakan teknik Random Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket Likert dan teknik analisis data menggunakan statistik sederhana. Pengkorelasian variabel penelitian menggunakan rumus r Product Moment, dengan teknik analisis data menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) Versi 22.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh interaksi sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar. Ini dibuktikan dengan diterimanya hipotesis alternatif dan ditolaknya hipotesis nihil yang terlihat dari hasil perhitungan r xy besar dari r tabel dengan taraf signifikan 0,05 Berdasarkan hasil analisis persamaan regresi linear sederhana diperoleh analisis regresi linear sederhana. Nilai Fhitung 6,214 dengan Sig 0,15 < 0,05 artinya variabel X (interaksi sosial teman sebaya ) dapat mempengaruhi prestasi belajar secara signifikan. Koefisien regresi sebesar 0,090 dengan thitung sebesar 2,493 pada Sig 0,00 < 0,15. Hal tersebut diketahui bahwa pengaruh interaksi sosisal teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa sebesar 9,00%, sedangkan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa interaksi sosial teman sebaya memang memberi pengaruh terhadap prestasi belajar siswa, diharapkan kepada siswa untuk lebih berinteraksi sosial dengan teman sebaya kearah yang positif dan saling memberi pengaruh yang menunjang kearah yang lebih baik.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
H Ilmu Sosial > HM Sosiologi (Umum) > HM1001 Psikologi sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 11 Nov 2025 03:11
Last Modified: 11 Nov 2025 03:11
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/764

Actions (login required)

View Item View Item