Rina Sebrina, 2614136 (2018) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Etika Berkomunikasi Siswa di SMA N 1 Sungai Puar. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover rina-sebrina-2614.136.pdf Download (92kB) |
|
|
Text
abstrak rina-sebrina-2614.136.pdf Download (186kB) |
|
|
Text
ab410-rina-sebrina-2614.136.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Etika Komunikasi adalah cara berkomunikasi yang sesuai dengan standar nilai akhlak, bagaimana seseorang berkomunikasi sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku ditengah masyarakat atau golongan tertentu. Hasil pengamatan awal di SMA N 1 Sungai Puar menunjukkan fenomena seperti siswa yang memanggil temannya dengan nada suara tinggi, siswa memanggil temanya dengan panggilan yang tidak baik, siswa tidak menggunakan bahasa yang baik dan benar saat berbicara, siswa tersinggung dengan ucapan teman sebayanya, siswa tidak mau mendengarkan pendapat temannya saat berbicara, siswa bersikap tidak baik saat temannya berbicara, dan siswa memotong perkataan temannya sebelum perkataan itu selesai. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan etika berkomunikasi siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dan mengetahui peningkatan etika komunikasi siswa melalui layanan bimbingan kelompok di SMA N 1 Sungai Puar. Penelitian ini tergolong penelitian praeksperimen model One Group Pretest Posstest Design . Populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Sungai Puar yang berjumlah 140 Orang, sedangkan sampel peneliti ini dilakukan atas instruksi dari guru pembimbing di sekolah dengan tujuan siswa yang di tunjuk tersebut dapat meningkatkan etika berkomunikasi siswa. Sampel penelitian ini yaitu sebanyak 14 orang siswa. Layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan etika berkomunikasi siswa dilaksanakan sebanyak 6 kali pertemuan. Data tentang etika komunikasi siswa dikumpulkan melalui Pretest dan posttest, kemudian dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dengan bantuan SPSS 20.00. Temuan dari penelitian ini adalah uji hipotesis pretest dan posstest kelompok eksperimen apabila dikonversian kenilai Z maka besarnya -3.301, nilai sig ataup- value sebesar 0,001 < 0,05. Apabila nilai p value < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya ada perbedaan pemahaman siswa terhadap etika berkomunikasi sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok. Dari temuan di atas dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan etika berkomunikasi siswa di SMA N 1 Sungai Puar.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | B Filosofi. Psikologi. Agama > BJ Ethics L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 04:14 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 04:14 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/777 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

