Pelaksanaan Layanan Informasi untuk Membantu Siswa Berefikasi Diri Rendah Dalam Belajar Di SMK N 1 Lubuk Sikaping

Satria Kurniawan, 2613030 (2018) Pelaksanaan Layanan Informasi untuk Membantu Siswa Berefikasi Diri Rendah Dalam Belajar Di SMK N 1 Lubuk Sikaping. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover skripsi-satria-kurniawan.pdf

Download (51kB)
[img] Text
abstrak skripsi-satria-kurniawan.pdf

Download (50kB)
[img] Text
70999-skripsi-satria-kurniawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian yang terjadi di lapangan ditemukan bahwa siswa Smk N 1 Lubuk Sikaping mengalami tingat efikasi diri yang rendah dalam belajar. Siswa kelas XI jurusan teknk informatika (RPL) dalam belajar menunjukan indikator memiliki tingkat efikasi diri yang rendah seperti tidak semangat dalam belajar, menghindari tugas yang sulit diberikan guru, dalam menentukan praktek lapangan banyak mengikuti teman, dan ragu dengan kemampuan yang dimiliki. Guru pembimbing menanggulangi itu dengan melakukan layanan informasi. Efikasi diri merupakan penilaian atau keyakinan diri terhadap kemampuan diri untuk mengatur dan melaksanakan tindakan yang diperlukan untuk mencapai kinerja yang di tetapkan, efikasi diri berperan dalam memberikan dasar bagi motivasi manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap-tahap pelakasanaan layananan informasi dalam membantu siswa berefikasi diri rendah dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Field research dengan mengambarkan kejadian yang telah terjadi di lapangan dengan secara sistematis. Dalam pengambilan data ini yang menjadi informan kunci adalah guru pembimbing dan yang menjadi informan pendukung adalah wali kelas, guru produktif dan siswa yang berada di Smk N 1 Lubuk Sikaping. Dalam pengumpulan data, penulis melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data tersebut diolah dengan cara kualitatif deskriptif, disertai membandingkan data yang diperoleh dari wawancara dan observasi. Berdasarkan temuan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan layanan informasi untuk membantu siswa berefikasi diri dalam belajar adalah sebagai berikut guru pembimbing melaksanakan layanan informasi melakukan tindakan perencaan dengan melihat dari hasil intrumen tes , non tes dan hasil pengamatan serta laporan dari wali kelas dan guru mata pelajaran. Pelaksanaan layanan informasi mengikuti rencana pemberian layanan yang dibuat guru pembimbing, menggunakan metode ceramah,tanya jawab dan diskusi. Menggunakan media infokus,laptop dan mengaktifkan siswa dalam layanan dengan melakukan game dan rileksasi. Penilaian langsung dilakukan setelah melakukan layanan dengan cara lisan dan tertulis. Hasil penilaian dibagikan kepada wali kelas, dan dasar revisi program. Tindak lanjut dikaitkan dengan layanan konseling perorangan dan kelompok. Maka diharapkan perubahan siswa setelah mengikuti layanan menuju kepada krieria pribadi yang mempunyai tingkat efikasi diri yang tinggi dalam belajar.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BF Psychology
L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 12 Nov 2025 02:49
Last Modified: 12 Nov 2025 02:49
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/784

Actions (login required)

View Item View Item