Upaya Guru BK Dalam Mengembangkan Kepribadian Peserta Didik di SMAN 2 Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten 50 Kota

Marsintia Indra Sari, 2613140 (2018) Upaya Guru BK Dalam Mengembangkan Kepribadian Peserta Didik di SMAN 2 Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten 50 Kota. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover marsintia-indra-sari-2613.140-.pdf

Download (109kB)
[img] Text
abstrak marsintia-indra-sari-2613.140-.pdf

Download (100kB)
[img] Text
64dff-marsintia-indra-sari-2613.140-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang sering lalai dalam melaksanakan shalat, adanya peserta didik yang kurang percaya diri contohnya dalam melaksanakan ujian peserta didik mudah terpengaruh oleh jawaban teman sebelah, adanya peserta didik yang kurang bisa menyesuaikan diri, adanya peserta didik yang tidak bisa mengembangkan keterampilan yang dimiliki, adanya peserta didik yang tidak terbuka terhadap orang lain, masih ada beberapa peserta didik laki-laki yang merokok di lingkungan sekolah di saat jam pelajaran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan kualitatif, informan dalam penelitian ini ada dua yaitu informan kunci dan informan pendukung, data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara, selanjutnya peneliti akan mengolah data dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif analitik maksudnya data yang diperoleh tidak dituangkan dalam bentuk angka statistik melainkan tetap dalam bentuk kualitatif. Untuk menjamin keabsahan data penulis melakukan teknik triangulasi data. Dari hasil penelitian upaya yang dilakukan oleh guru BK adalah dengan memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang, menyadari kelebihan dan kekurangan, menilai diri apa adanya, menilai situasi secara wajar, tidak mengharapkan sesuatu yang sempurna, tidak memandang kehidupan orang lain, tetap berusaha, tidak sombong, bersikap rendah hati, menumbuhkan sikap optimis, menumbuhkan keyakinan, bisa mengambil keputusan, tidak bergantung kepada orang lain, bisa menyesuaikan diri, menanamkan rasa kejujuran, menanamkan sikap rasional, mengembangkan keterampilan, menanamkan rasa empati, sikap terbuka, aktif dalam kegiatan sosial, mempunyai rasa sopan, mengerjakan shalat lima waktu, mempunyai motivasi untuk mencapai prestasi. Adapun Kendala yang ditemui oleh guru BK dalam mengembangkan kepribadian peserta didik adalah kurang maksimal dalam pelaksanaan dan pemberian layanan bimbingan dan konseling karena waktu yang diberikan oleh pihak sekolah tidak mencukupi untuk pelaksanaan layanan. Upaya yang dilakukan oleh guru pembimbing adalah memberitahukan kepada pihak sekolah akan pentingnya layanan bimbingan konseling yang maksimal.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BF Psychology
L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 12 Nov 2025 02:50
Last Modified: 12 Nov 2025 02:50
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/787

Actions (login required)

View Item View Item