Gusri Yanti, 2516140 (2020) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Dengan Media Power Point Pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK Di SMP Negeri 1 Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (372kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (343kB) |
![]() |
Text
7d414-gusri-yanti.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Gusri Yanti, Nim 2516.140, Skripsi, Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Dengan Media Power Point Pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK Di SMP Negeri 1 Bukittinggi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi 2020. komputer adalah salah satu media yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi, komputer berperan sebagai pembantu tambahan dalam belajar, pemanfaatannya meliputi penyajiaan informasi isi materi pembelajaran,dan latihan.software yang dapat digunakan dalam membuat media pembelajaran adalah adobe flash yaitu media pembelajaran berbasis multimedia dengan action script yang dibawanya dan dapat membuat animasi yang menarik dan banyak orang yang menyukainya,dan juga media power point yang memiliki slide yang dapat dipresentasikan sebagai media pembelajaran.Dalam pembelajaran diperlukan suatu media yang tepat agar peserta didik merasa tertarik dan termotivasi untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bukittinggi melalui penggunaan media pembelajaran berbasis adobe flash dan power point pada materi aplikasi visual pemograman sederhana dan konten digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen, Dengan mengambil dua kelas sampel menggunakan teknik cluster random sampling dimana teknik ini diambil dengan cara mengundi dua dari delapan kelas yang ada pada kelas VII dan hasilnya yaitu VII.B sebagai kelas eksperimen 1 dengan menggunakan media adobe flash dan VII.C sebagai kelas eksperimen 2 dengan menggunakan media power point. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes objektif berjumlah 20 soal. Nilai rata - rata posttest kelas power point yaitu 72,03, sedangkan rata - rata posttest kelas adobe flash yaitu 82,19. Berdasarkan analisis data posttest kedua kelas menggunakan uji - t maka diperoleh hasil bahwa t hitung 4,95 > t tabel 1,645 pada taraf signifikan ? = 0,05. Jadi, kemampuan siswa pada kedua kelas tersebut setelah diberikan perlakuan terdapat perbedaan yang signifikan, karena t hitung > t tabel . Kedua media ini memberikan pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dimana hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis adobe flash lebih baik dari pada power point pada materi aplikasi visual pemograman sederhana dan konten digital di SMP Negeri 1 Bukittinggi.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer |
Depositing User: | Mrs Kurnia |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 04:29 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 04:29 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/80 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |